Vaksin Covid-19 Mulai Disuntikkan, Kurs Rupiah Ditutup Menguat

Beranda Ekonomi Vaksin Covid-19 Mulai Disuntikkan, Kurs Rupiah Ditutup Menguat

JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (13/1) sore ditutup menguat.

Rupiah ditutup menguat 70 poin atau 0,5 persen ke posisi Rp14.060 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.130 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah didukung vaksinasi massal di Tanah Air yang resmi dimulai pagi ini.

BACA JUGA: Imbal Hasil Obligasi AS Meningkat, Kurs Rupiah Terkoreksi Pagi Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi warga negara Indonesia pertama yang mendapat suntikan CoronaVac buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

“Meski prosesnya akan memakan waktu yang cukup panjang agar vaksinasi di seluruh Indonesia selesai, tetapi harapan akan hidup berangsur-angsur normal kembali menjadi kenyataan dan yang terpenting perekonomian bisa kembali bangkit,” ujar Ibrahim.

Dari eksternal, ekonomi AS diprediksi akan terus menguat pada paruh kedua tahun ini karena vaksinasi tersedia secara luas.

Namun Covid-19 diprediksi masih mendorong ekonomi dan kebijakan moneter AS akan tetap akomodatif.

BACA JUGA: Risk Appetite Pasar Keuangan Global Meningkat, Kurs Rupiah Ditutup Melemah

Gubernur The Fed Jerome Powell akan mengambil bagian dalam webinar pada Kamis (14/1), sementara Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde akan berbicara pada konferensi daring di kemudian hari.

Di sisi data AS akan merilis Indeks Harga Konsumen inti Desember. Data Indeks Harga Produsen (PPI) Desember, penjualan ritel inti, dan produksi industri dijadwalkan menyusul pada Jumat (15/1).

Sementara itu jumlah kasus global yang melebihi 91,57 juta pada Rabu (13/1) dengan beberapa negara Asia dan Eropa memberlakukan pembatasan yang lebih ketat untuk mengekang penyebaran virus.

Jumlah kasus yang terus meningkat juga membuat investor beralih ke aset aman.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.090 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.060 per dolar AS hingga Rp14.103 per dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.109 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp14.231 per dolar AS. (riz/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Minggu, 24 Januari 2021

JAKARTA - Update Infografis percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia per tanggal 24 Januari 2021 Pukul 12.00 WIB.

Keluarga Korban Sriwijaya Air Perlu Pendampingan Hukum Soal Kompensasi dari Boeing

JAKARTA - Guru Besar Hukum Universitas Tarumanegara Ahmad Sudiro mengatakan keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 perlu pendampingan pengacara yang berpengalaman dalam...

Kasus Covid-19 Nasional Masih Meningkat, Epidemiolog Minta Pemerintah Evaluasi PPKM

JAKARTA - Epidemiolog dari Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri mengatakan pemerintah harus mengevaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan.Sebab, selama sepekan belaku...

PT KAI Bakal Gunakan GeNose C19 untuk Screening Penumpang

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung penggunaan alat Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan KAI untuk screening virus corona...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News