Banten Bakal Jalankan Vaksinasi Covid-19 Mulai Besok

Beranda Nusantara Banten Bakal Jalankan Vaksinasi Covid-19 Mulai Besok

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Banten akan dimulai pada Kamis (14/1) besok.

Vaksinasi akan dimulai di Kota Tangerang yang akan dihadiri para kepala daerah dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

“Pelaksanaanya kita mulai besok di Pendopo Kota Tangerang sekitar pukul 9.00 WIB. Dimulai dari para kepala daerah serta forum pimpinan daerah di Banten,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti di Serang, Rabu (13/1).

Ia mengatakan, vaksinasi COVID-19 di Banten akan dimulai diberikan kepada seluruh kepala daerah di Banten, serta untuk pimpinan daerah di Provinsi Banten mulai Ketua DPRD, Kapolda, Kepala Kejaksaan Tinggi serta unsur lainnya.

Namun demikian, dikatakan Ati, Gubernur Banten Wahidin Halim tidak akan menerima vaksin COVID-19 jenis Sinovac dikarenakan usianya sudah melebihi dari 59 tahun, sehingga akan diwakili oleh pejabat lainnya dari Pemprov Banten.

“Insyaallah pak Gubernur besok hadir, tapi tidak divaksin. Intinya besok pelaksanaan vaksinasi sudah siap,” kata Ati.

Ia mengatakan, di enam daerah yang belum menerima vaksin COVID-19 pada tahap pertama termin ke satu pendistribusiannya akan diberikan pada awal bulan Februari 2021.

“Kalau untuk periode ke dua ini nanti. Ini kan baru tahap satu termin I pendistribusian vaksin di dua wilayah. Untuk sisanya di 6 daerah itu awal Februari,” kata Ati.

Ia mengatakan pada tahap awal pendistribusian vaksin sebanyak 14.560 itu baru diberikan kepada dua daerah yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kota Serang.

Sedangkan, untuk daerah lainnya seperti Kabupaten Tangerang, Kota Tangeran, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak serta Kota Cilegon itu diberikan jatanya akhir Januari ke Pemerintah Provinsi Banten.

“Dan nanti di tahap pertama termin II itu dikirimkan pada akhir Januari ke Pemprov,” katanya.

Ia menjelaskan pada saat ini dari vaksin yang sudah didistribusikan kepada dua daerah tersebut tersisa sekitar kurang lebih 2 ribu dosis vaksin. Akan tetapi, dari sisa itu rencananya akan dijadikan cadangan stok untuk tenaga kesehatan (nakes) yang belum terdaftar di Dinkes.

“Sesuai dengan arahan dari Kemenkes RI bahwa sisa yang ada itu dijadikan stok di gudang farmasi. Tujuanya nanti jika ada tenaga kesehatan yang belum terdaftar ke Kemenkes itu dapat digunakan,” katanya.

Ia juga menuturkan untuk penyuntikan vaksinasi pada tahap pertama di wilayah Banten akan dilakukan di gedung Pendopo Kabupaten Tangerang pada Kamis (14/1), yang akan diberikan kepada perwakilan kepala daerah di masing-masing wilayah, Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Kepala OPD dan Ketua DPRD.

“Penyuntikan vaksin besok di Pendopo Tangerang, nanti semua Kepala Daerah datang termasuk perwakilan lain juga. nanti ada empat meja yang disiapkan di lokasi,” katanya. (riz/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Budiman Sudjatmiko Jadi Komisaris PTPN, Muannas: yang Tidak Pas Itu Kalau Erick Thohir Tunjuk Haikal Hassan

JAKARTA- Politikus PSI Muannas Alaidid mengatakan, saat ini ada kelompok yang protes mendengar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk politikus PDI-P...

Ferdinand Ikut Kecam Ucapan Rasis Ambroncius Nababan ke Natalius Pigai, Tapi Ogah Kaitkan dengan Jokowi

JAKARTA- Eks Politikus Demokrat, Ferdinand Hutahaean ikut mengecam dugaan rasis yang dilontarkan oleh Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin), Ambroncius Nababan terhadap tokoh Papua...

UFC 257, McGregor Tumbang Dipukul Dustin Poirier di Ronde ke-2

JAKARTA- Duel Dustin Poirier lawan Conor McGregor di UFC 257 berlangsung sengit di Etihad Arena, Minggu (24/1), pukul 12.30 WIBMcGregor tampil lebih agresif di...

Tahun 2021, LPDB-KUMKM Juga Fokus Kembangkan Koperasi Syariah

JAKARTA - Di samping fokus memberikan pendampingan kepada koperasi potensial, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) juga fokus akan...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News