News

PMI Diminta Produksi Plasma Konvalesen

fin.co.id - 2020-12-16 02:35:53 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mendorong pengelola unit donor darah di daerah untuk memproduksi plasma konvalesen. Tujuannya untuk digunakan sebagai pengobatan COVID-19."Plasma konvalesen berasal dari donor darah pasien yang telah sembuh dari infeksi COVID-19. Unit donor darah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi di era pandemi ini. Salah satu pengobatan yang dianggap cukup ampuh yaitu plasma konvalesen,” kata JK di Jakarta, Selasa (15/12).

BACA JUGA:  ILC Umumkan Berhenti, Rizal Ramli: Penguasa Panik dan Takut Bayangan Sendiri

Plasma konvalesen tersebut dapat diberikan kepada pasien yang mengalami kondisi kritis akibat terinfeksi COVID-19. Karena itu, JK meminta PMI di daerah untuk memproduksi plasma konvalesen tersebut.“Itulah salah satu tujuan untuk bagaimana kita mendorong supaya bisa mengatasi masalah ini. Namun, protokol kesehatan jangan dilupakan. Disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) harus tetap dilakukan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Surplus Neraca Perdagangan November Tak Mampu Tekan Pelemahan Kurs Rupiah

PMI, lanjutnya, telah bekerja sama dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman untuk pengambilan plasma konvalesen dari pasien sembuh COVID-19.Sementara itu, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio menjelaskan plasma konvalesen diambil dari darah pasien yang telah dinyatakan sembuh COVID-19.Waktu pengambilan darahnya sejak dua hingga empat pekan. Durasi tersebut dinilai tepat untuk memproduksi plasma. "Karena tubuh pasien sembuh COVID-19 memiliki antibodi yang sangat baik untuk menetralisir virus," papar Amin. (rh/fin)

Admin
Penulis