News

Pendukung HRS Minta Ditahan Polisi, Ferdinand: Saya Duga ada yang Atur Kondisi Ini

fin.co.id - 13/12/2020, 21:01 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA- Pendukung Habib Rizieq Shihab di Ciamis mendatangi Polres Ciamis pada Ahad (13/12) sore.

Mereka meminta untuk ditahan bersamaan dengan Habib Rizieq yang kini telah ditahan di Polda Metro Jaya.

Mereka merasa bersalah karena ikut hadir dalam dalam penjemputan Habib Rizieq di Bandara dan acara pernikahan anaknya di Petamburan.

Menanggapi itu, mantan Politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menduga, aksi massa tersebut bukan murni aksi spontan. Tetapi diduga sudah diatur.

"Saya duga ada yang coba mengatur kondisi agar di daerah pada berkumpul dan membuat pernyataan yang sama. Seolah murni reaksi spontan. Narasi di semua daerah sama. Lihat saja videonya, substansi dan alasan serta tuntutan sama. Terlihat dikomando," cuit Ferdinand Hutahaean di twitternya, Ahad (13/12) malam.

Ferdinan mengatakan, aksi mereka untuk menawarkan diri ditahan, sah-sah saja. Akan tetapi harus melihat hak subjektif dan objektif penyidik.

"Kita menghormati dan menghargai upaya dari beberapa pihak yang mengajukan diri siap menjadi penjamin untuk penangguhan penahanan Rizieq Shihab. Sah sesuai hukum untuk mengajukan.Tapi mereka juga harus hormati hak subjektif dan objektif penyidik untuk menolak atau mengabulkan penangguhan tersebut," kata dia.

"Andai mereka rasakan dinginnya lantai penjara, saya yakin mereka akan menolak untuk minta ditahan," sambung Ferdinand. (dal/fin).

 

Admin
Penulis