News

Awas, Teh dan Kopi Sebabkan Gangguan Kecemasan

fin.co.id - 13/12/2020, 20:19 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

JAKARTA - Belakangan Anda merasa cemas berlebihan? Mau itu soal kesehatan Anda, situasi di sekitar Anda, atau segalanya yang membuat diri Anda merasa tidak nyaman?

Penyebabnya mungkin pada konsumsi kafein Anda. Ya, menurut ahli, baik kopi maupun teh yang rutin Anda minum, bisa jadi ada kaitannya dengan kondisi ini. 

Meski memiliki manfaat sehat, namun ketika dikonsumsi secara berlebihan, kopi dan teh dapat meningkatkan potensi kecemasan, atau memperburuk gangguan kecemasan yang sebelumnya sudah ada. 

Kecemasan sendiri adalah respon tubuh terhadap situasi, yang kita anggap sebagai membahayakan atau mengkhawatirkan. Dan kafein, menurut pakar, dapat memaksa tubuh untuk merasakan ancaman yang sebenarnya tidaklah pernah ada. 

Pada mereka yang sudah punya masalah dengan kecemasan atau berjuang melawan serangan panik, konsumsi kafein dapat memperburuk kondisi yang ada. 

Berikut ciri-ciri yang ditunjukan tubuh, saat konsumsi kafein berdampak negatif terhadap mereka yang mengkonsumsinya, seperti dilansir Psycom:

1. Mudah marah

2. Gangguan tidur

3. Tidak mudah lelah

4. Mata berkedut

5. Kepala pusing

6. Jantung berdebar

7. Mood tak terkontrol

8. Mual dan muntah

9. Diare

Admin
Penulis
-->