Gubernur dan Wagub Positif Covid-19, Ombudsman Desak Pemprov DKI Awasi Prokes Perkantoran

Beranda Metropolitan Gubernur dan Wagub Positif Covid-19, Ombudsman Desak Pemprov DKI Awasi Prokes Perkantoran

JAKARTA – Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengawasi protokol kesehatan Covid-19 di perkantoran.

Kekhawatiran Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya terhadap ledakan klaster perkantoran di Ibu Kota Jakarta semakin nyata menyusul gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpapar Covid-19.

“Pemprov harus tegas dalam melakukan pengawasan terhadap ketentuan 50 persen pekerja yang bisa masuk kerja dan pengaturan waktu kerja (shifting time) agar tidak terjadi ‘silent crowd’ di perkantoran dan industri,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho saat dikonfirmasi, Selasa (1/12).

Ombudsman Perwakilan Jakarta mengamati angka kenaikan pengguna kendaraan pribadi yang sudah mencapai 80 persen dari kapasitas normal. Hal yang sama juga terjadi dengan penumpang kereta api commuter line Jabodetabek.

Menurut Teguh, kondisi tersebut menunjukkan mengendornya pengawasan dan penegakan protokol kesehatan di perkantoran dan industri.

“Untuk itu, Pemprov DKI harus menyegerakan pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020,” kata Teguh.

Teguh mengatakan, pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di DKI Jakarta menjadi pekerjaan rumah lainnya Pemprov DKI yang membutuhkan turunan dalam bentuk pergub agar segera bisa dijalankan.

“Ini untuk memberi kepastian terkait sanksi yang akan diberikan dan aparat penegakan hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan termasuk pengadilan memiliki landasan hukum yang lebih jelas,” ujar Teguh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa mengonfirmasi melalui tayangan video, bahwa dirinya positif terpapar Covid-19. Anies menjelaskan dirinya harus menjalani isolasi mandiri selama dua pekan ke depan.

Meski dinyatakan positif dan tanpa gejala, Gubernur Anies akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan secara virtual.

Sebelumnya, Wagub DKI Ahmad Riza Patria juga mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada Minggu (29/11).

Ahmad Riza Patria ditengarai positif Covid-19 karena tertular dari staf pribadinya. (riz/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Refly Harun: Jokowi Presiden RI, Bukan Presiden Buat Relawan

JAKARTA- Pakar hukum tata negara, Refly Harun menyoroti adanya eksistensi relawan pro Jokowi-Maruf Amin hingga saat ini. Padahal pemilihan Presiden telah usai.Menurut Refly Harun,...

Kasus Stunting Bakal Naik

JAKARTA - Angka kasus stunting (gagal tumbuh kembang pada balita) akan naik. Pandemi COVID-19 merupakan salah satu penyebabnya.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Rabu Jadi Kebiasaan Jokowi

JAKARTA – Pelantikan Calon Tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit tengah dinanti. Beredar kabar, calon yang diajukan Presiden Jokowi ini bakal dilantik besok (27/1)....

Sentil Jokowi, Tengku Zul Bilang Ulama Wafat tak Ucap Duka, Giliran Mau Kumpul Wakaf dari Umat Islam….

JAKARTA- Eks Wasekjen MUI, Ustad Tengku Zulkarnain menyentil pemerintah soal Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan peresmian Brand Ekonomi Syariah. Tengku Zul menilai, Presiden...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News