Kasus Covid-19 Melonjak di Sejumlah Negara, Kurs Rupiah Ditutup Melemah

Beranda News Kasus Covid-19 Melonjak di Sejumlah Negara, Kurs Rupiah Ditutup Melemah

JAKARTA – Nilai tukar (kurs) Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (30/11) ditutup melemah seiring kenaikan jumlah kasus Covid-19.

Rupiah ditutup melemah 30 poin atau 0,21 persen ke posisi Rp14.120 per Dolar AS dibandingkan hari sebelumnya Rp14.090 per Dolar AS.

“Memang sentimen negatif muncul dari memburuknya pandemi di banyak negara,” ujar analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Senin (30/11).

BACA JUGA: Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Diyakini Bakal Genjot Kurs Rupiah

Survei oleh Komisi Eropa menunjukkan sentimen ekonomi Zona Euro turun pada November, yang pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir akibat gelombang kedua Covid-19 yang melanda benua Eropa.

Penurunan aktivitas bisnis Prancis pada November terjadi karena lockdown kedua akibat kembali meningkatnya penyebaran Covid-19 di negara itu.

Sedangkan jumlah infeksi Covid-19 di Jerman telah melampaui angka satu juta kasus dengan jumlah kematian harian mencapai rekor tertinggi pada Minggu (29/11).

BACA JUGA: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Menunjukkan Tren Positif, Rupiah Menguat

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, penambahan jumlah kasus positif per 29 November 2020 memecahkan rekor sebanyak 6.267 kasus sehingga angka kumulatif pasien positif di Indonesia mencapai 534.266 orang.

Sementara itu jumlah pasien sembuh juga bertambah menjadi 3.810 orang dengan total kasus sembuh menjadi 445.793 orang. Adapun kasus meninggal bertambah 169 orang dengan total kumulatif sebanyak 16.815 orang.

BACA JUGA: Rupiah Diprediksi Masih Menguat Akhir Pekan Ini

“Memburuknya pandemi ini menjadi sentimen yang dominan hari ini,” ujar Rully.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.070 per Dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.070 per Dolar AS hingga Rp14.137 per Dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada Senin menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.128 per Dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp14.145 per Dolar AS. (riz/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Layanan TelkomGroup Beroperasi Normal Pasca Gempa di Majene dan Mamuju

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi TelkomGroup tetap beroperasi normal pasca terjadinya gempa di wilayah Majene dan Mamuju,...

Ketua KPK Pastikan Seluruh Pegawai Bakal Divaksin Covid-19

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri BUMN Erick Thohir terkait pelaksanaan...

Jonatan Christie Gagal ke Semifinal Thailand Open

BANGKOK — Jonatan Christie juga gagal melenggang ke babak semifinal Thailand Open. Ia dikalahkan unggulan keempat asal Denmark, Viktor Axelsen dalam duel dua set; 14-21 dan 5-21....

Mbak You akan Dipolisikan Terkait Ramal Jokowi Lengser, Mbah Mijan: Berlebihan!

JAKARTA- Ahli metafisika Mbah Mijan ikut berkomentar terkait kontroversi paranormal Mbak You yang rencananya akan dipolisikan karena meramal Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser di...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News