Jaga Ketersediaan Alkes di Daerah

Beranda Covid-19 Jaga Ketersediaan Alkes di Daerah

JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 meminta satgas di daerah memantau dan memonitor ketersediaan alat kesehatan (Alkes) di berbagai fasilitas kesehatan. Koordinasi dengan pemerintah pusat harus terus dilakukan jika terjadi kendala di lapangan.

“Jangan sampai layanan kesehatan terhambat akibat kurangnya ketersediaan alat material kesehatan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Jumat (27/11).

Satgas Penanganan Covid-19, lanjutnya, telah mendistribusikan alat material kesehatan ke berbagai daerah pada 24 November 2020. Diantaranya, masker bedah sebanyak 24,5 juta unit, alat pelindung diri (APD) 5,8 juta unit, masker N95 sebanyak 6 juta unit.

Selain itu, face shield sebanyak 156 ribu unit, medical gloves sebanyak 1 juta unit, portable ventilator sebanyak 1.200 unit, rapid test 1,1 juta unit, reagen PCR sebanyak 3,9 juta unit dan reagen RNA sebanyak 3,1 juta unit.

Ia menambahkan, distribusi alat material kesehatan ini merupakan bentuk nyata dukungan dari berbagai pihak terhadap upaya pemerintah menangani pandemi Covid-19. “Tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, capaian ini tentunya akan sulit diraih,” tuturnya.

Alat material kesehatan yang sudah didistribusikan ini menjadi modal utama bagi daerah untuk dapat memasifkan 3T (testing), (tracing) dan (treatment).

Satgas Covid-19 meminta seluruh daerah untuk memaksimalkan penggunaan alat material kesehatan yang sudah didistribusikan. “Jika ada kendala, segera koordinasikan dengan pemerintah pusat agar segera dicari jalan keluarnya. Di samping itu, masyarakat tetap laksanakan disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Patuhi protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” pungkasnya. (rh/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Menanti Janji Calon Kapolri

JAKARTA – Langkah Komjen Pol Listyo Sigit untuk menduduki orang nomor satu di institusi Polri berjalan mulus. Sejumlah paparan disampaikan dihadapan wakil rakyat. Salah...

Olala… Real Madrid Dipermalukan 10 Pemain Klub Segunda B, Zidane: Menyakitkan

ALCOYANO—Benar-benar memalukan. Real Madrid tersingkir dari Copa del Rey setelah dikalahkan klub Segunda B, Alcoyano yang mengakhiri pertandingan di Estadio El Collao hari ini dengan 10 pemain.Madrid yang turun dengan...

Juventus Menangi Piala Super Italia, CR7 Koleksi 29 Gelar Tapi Masih Kalah dari Messi

REGGIO EMILIAN—Cristiano Ronaldo terus menambah koleksi trofinya. Terbaru, superstar Juventus asal Portugal tersebut meraih gelar Piala Super Italia dengan kemenangan atas Napoli.Pada pertandingan yang berlangsung di Stadio Mapei...

Perketat Pengawasan Transportasi Udara

JAKARTA - Pengawasan transportasi udara harus diperketat. Sehingga tragedi kecelakaan pesawat tidak lagi terulang.Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa keselamatan penumpang pada semua jasa...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News