23, October, 2021

Jakarta Masuk Kota Terbaik Dunia, Fadjroel: Rintisan Jokowi dan Ahok, Terima Kasih Anies Sudah Melanjutkan

JAKARTA – DKI Jakarta dapat penghargaan internasional di bidang transportasi, Sustainable Transport Award (STA) 2021. Penghargaan itu diberikan The Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) yang berbasis di Kota New York, Amerika Serikat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penghargaan itu. Dia mengucapkan syukur atas pencapaian selama ini.

“Alhamdulillah, alhamdulillah!! terbaik dunia!!! Ya, Jakarta terpilih sebagai Kota Terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award 2021,” kata Anies lewat akun Twitter, @aniesbaswedan, Sabtu (31/10).

Anies mengatakan, Sustainable Transport Award (STA) merupakan ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi. Penilaian yang dilakukan oleh komite juri mencakup visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota.

“Komite ini terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lain lain,” terang Anies.

Penghargaan tersebut diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020, sebuah konferensi transportasi berkelanjutan internasional. Jakarta bersaing dengan sejumlah kota seperti Auckland, Bogota hingga Sao Paulo.

“Ini kemenangan Jakarta yang kedua, tahun lalu kita juara dua. Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo,” terang Anies.

“Pada warga Jakarta, penghargaan ini dipersembahkan. Kita bersyukur dan bersyukur, atas pengakuan dunia ini, selamat untuk warga Jakarta!,” tutur Anies lagi.

Sebelumnya, ITDP lewat akun Twitter, @ITDP_HQ, mengumumkan, pemenang penghargaan 2021 Sustainable Transport Award. “Jakarta, Indonesia telah memenangkan Penghargaan Transportasi Berkelanjutan 2021! Selamat kepada Pemprov DKI atas prestasinya di bidang transportasi umum, khususnya Transjakarta,” demikian pengumuman tersebut.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menilai, pencapaian itu tidak terlepas dari peran Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, yakni Joko Widodo atau Jokowi dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Fadjroel ucapkan terimakasih untuk Anies Baswedan yang telah melanjutkan semua program Jokowi dan Ahok dalam bidang transportasi.

Akhirnya semua pekerjaan transportasi publik yang DIRINTIS Presiden @jokowi & @basuki_btp dari #MRTJakarta #LRTJabodebek #KeretaApiBandara #6TolDalamKota juga #TransJakarta Pak Sutiyoso mendapatkan penghargaan. Terimakasih @aniesbaswedan sudah melanjutkan ~ FR #JakartaJuaraDunia” demikian tulis Fadjroel di twitternya. (dal/fin).

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer