Pemerintah Perlu Perbaiki Kinerja

Beranda Politik Pemerintah Perlu Perbaiki Kinerja

JAKARTA – Kinerja Pemerintahan Joko Widodo yang telah memasuki tahun pertama tak pernah lepas dari sorotan media. Sejumlah pihak memberikan evaluasi. Harapannya, kinerja ke depan bisa lebih diperbaiki demi mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia.

Politisi yang ikut mengevaluasi adalah Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Ia memberikan evaluasi atas kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin. Ini disampaikan bertepatan dengan satu tahum kerja di masa kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf.

Menurut Jazuli, Jokowi dan Ma’ruf Amin seharusnya menjaga prinsip dan sendi demokrasi, dengan memberikan ruang bagi orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat dengan pemerintah.

BACA JUGA: Ferdinand Soroti Kinerja Stafsus Millenial dan Wapres Ma’ruf Amin: Antara Ada dan Tiada

“Sebaiknya Jokowi-Ma’ruf Amin menjaga prinsip dan sendi demokrasi, dengan memberikan ruang bagi orang-orang yang berbeda pendapat. Pemerintah tidak perlu represif dalam memperingati orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat” tutur Jazuli.

Tak hanya itu, Jazuli juga menyentil kinerja DPR yang kurang terbuka dalam pembahasan UU Cipta Kerja dilangsungkan pada bulan ini.

“Masyarakat menganggap pemerintah kurang terbuka dalam membahas undang-undang, sehingga membuat masyarakat salah paham. Ketika undang-undang sudah disahkan, masyarakat belum dapat mengakses dokumennya” jelas Jazuli.

Selanjutnya, Jazuli menjelaskan beberapa hal yang menjadi sorotannya selama masa kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Perpaduan Dangdut-Keroncong-Rap dalam Single Ayu Ting Ting Berjudul Tatitut

“Fraksi PKS melihat, saat ini kita mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Kemudian, kemiskinan mengalami kenaikan sebesar 3 juta menjadi 27,5 juta. Pengangguran mengalami kenaikan dan kita mengalami kenaikan yang tajam hingga mencapai 6 triliun” ucap Jazuli.

Sebagai penutup, Jazuli berharap Jokowi-Ma’ruf Amin dapat memperbaiki kinerja pemerintahan kedepannya demi mencapai kesejahteraan masyarakat.

Terpisah, pemerintah melalui Kantor Staf Kepresidenan mengaku menerima semua masukan dan kritik terkait kinerja Joko Widodo – Ma’ruf Amin selama satu tahun memimpin. Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, pemerintah menyadari tidak bisa bekerja secara sempurna.

“Pemerintah, tidak bisa bekerja secara sempurna, karena kesempurnaan bukan milik manusia. Tetapi pemerintah selalu ingin memperbaiki dari waktu ke waktu,” katanya, kemarin (21/10). Menurutnya, pandemi Covid 19 membuat semuanya serba sulit.

BACA JUGA: Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, Ernest Prakasa Akui Kecewa: Bukan Salah Jokowi, Tapi….

“Semuanya memahami bahwa situasi saat ini situasi sulit tidak mudah, jangan kita persulit diri. Justru dengan bekerja sama berbagai pihak dan pemerintah mendengarkan, maka, persoalan yang kita hadapi bersama ini pasti bisa diselesaikan dengan baik,” tutur Moeldoko.

Moeldoko memastikan pemerintah tidak akan menutup diri dari segala bentuk kritik dan masukan. Dia menyebut pemerintah selalu membutuhkan kritik dan saran dari masyarakat.

“Pemerintah sangat respons terhadap berbagai masukan. Kita tidak menutup diri, tidak menutup mata dan menutup telinga. Masukan-masukan tersebut diperlukan, karena sejatinya, membangun suatu negara, apalagi di tengah-tengah lingkungan yang tidak seperti biasanya, malah yang diperlukan adalah bagaimana semuanya bergandengan tangan,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Indonesia Indicator, rapor kinerja Jokowi di media massa pada tahun pertama periode II mencapai 76 dengan catatan.

BACA JUGA: Kisah Anjing yang Marah dan Ngamuk Mendengar Nabi Muhammad Dilecehkan

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang mengatakan, framing media pada pemberitaan Jokowi didominasi oleh sentimen netral yang lebih tinggi, yakni 40 persen, disusul positif 36 persen dan negatif sekitar 24 persen.

“Dalam konteks pandemi, media memberikan ruang untuk Jokowi dengan memberikan framing netral,” katanya, Rabu (21/10). Diketahui. sebanyak 43 persen pemberitaan di media online diisi oleh masalah penanganan virus COVID-19 oleh Jokowi.

Hal inilah yang salah satunya diberikan framing netral oleh media, dalam arti media wait and see, dalam menghadapi kondisi pandemi yang juga menjadi isu global saat ini. Ini adalah masalah yang sangat sensitif, hal-hal yang sifatnya saintifik, media akan memberikan informasi dengan sangat hati-hati karena dampaknya sangat luas,” kata Rustika.

BACA JUGA: Bea Cukai dan TNI AL Tangkap Warga Papua New Guinea yang Masuk ke Indonesia Secara Ilegal

Perhatian Jokowi pada isu-isu terkait perekonomian di tahun pertama periode II Jokowi juga menjadi atensi terbesar media massa. “Isu-isu ekonomi dibahas sebanyak 47 persen dari total pemberitaan tentang Jokowi,” ungkap Rustika dalam siaran persnya.

Hal itu, kata dia, tak terlepas dari pandemi COVID-19 yang menjadi persoalan nasional dan global, berakibat pada minusnya pertumbuhan ekonomi kuartal II dan III 2020. Selain itu, kata Rustika, pemberitaan media massa terkait Jokowi disusul oleh isu politik dan keamanan (Polkam) sebanyak 23 persen, isu sosial 22 persen, dan isu hukum 8 persen.

Isu terbanyak soal ekonomi adalah soal stimulus usaha mikro kecil menengah (UMKM), pertumbuhan ekonomi, masalah bantuan sosial (bansos)-bantuan langsung tunai (BLT), serta isu pariwisata.

Terkait kebijakan ekonomi Pemerintahan Jokowi, lanjut Rustika, media massa memberi catatan positif dan negatif. Program besar Jokowi dalam pembangunan infrastruktur, kata Rustika, mendapat apresiasi dalam ruang perbincangan media.

“Dalam isu infrastruktur ini, Presiden Jokowi dicitrakan tetap membangun komunikasi dengan pimpinan berbagai negara demi menjaring investasi, seperti dengan pemerintahan Turki,” papar Rustika.

Perhatian khusus Jokowi terhadap sektor UMKM juga turut mendapat catatan positif media massa.

Sebelum pandemi, menurut Rustika, terdapat kebijakan penurunan bunga kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 6 persen, pembagian voucher gas untuk UMKM, dan juga digitalisasi UMKM. Setelah pandemi merebak, pemerintah melakukan kebijakan keringanan kredit, kredit modal kerja, serta BLT untuk para pelaku UMKM. (khf/fin)

Baca Juga

Dianggap Hina Jusuf Kalla, Ferdinand Hutahaean Dipolisikan

JAKARTA- Putri kedua Jusuf Kalla, Muswirah Jusuf Kalla (Ira) melaporkan bekas kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahean serta pemerhati sosial dan politik Rudi S Kamri...

Petahana Diprediksi Menang, Angka Golput Tinggi

JAKARTA - Dari pemantauan Ind Police Watch (IPW), sebagian besar petahana diprediksi akan memenangkan Pilkada 2020. Dengan perolehan suara di atas 55 persen. Sementara...

Budayawan Belitung Dukung Perjuangan Amel Wujudkan Politik Bersih

BELITUNG TIMUR- Ketua Dewan Kesenian Belitung Iqbal H. Saputra mendukung upaya Syarifah Amelia atau akrab disapa Amel sebagai Ketua Relawan Pasangan calon Bupati Belitung...

Dinilai Kerap Sebar Kebencian, Relawan Jokowi Minta Polisi Tindak Nikita Mirzani, Abu Janda hingga Denny Siregar

JAKARTA- Relawan Jokowi yang tergabung dalam Barisan Relawan Nusantara (Barunasa) mendesak kepolisian agar menertibkan sejumlah buzzer di media sosial yang kerap menebar narasi-narasi kebencian. "Menindak...

Rekomendasi Lainnya

Jumlah Tes Swab Nasional Capai 90...

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan jumlah tes swab atau PCR (polymerase chain reaction) secara nasional telah mencapai 90 persen dari target...

Unggah Pose Seksi di Bathtub, Netizen...

JAKARTA - Aktris Cinta Laura Kiehl kerap membagikan aktivitasnya melalui akun media sosial miliknya. Terbaru, Cinta Laura mengunggah dirinya yang tengah berpose di dalam...

Bea Cukai Fasilitasi Kegiatan Ekspor Perdana...

MANOKWARI – Bea Cukai kian gencar mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah...

Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data...

Integrasi Data Silo menjadi Insight Nasional   JAKARTA– Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan tantangan tersendiri bagi industri di mana data kian tersebar, tidak terintegrasi, tidak...

Rizieq Shihab Minta Maaf Soal Kerumunan...

JAKARTA - Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab meminta maaf kepada semua pihak terkait peristiwa kerumunan massa di sejumlah lokasi pascakepulangannya dari Arab Saudi,...

Data Ekonomi Global membaik, Kurs Rupiah...

JAKARTA - Nilai tukar (kurs) Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (2/12) sore ditutup menguat seiring membaiknya data ekonomi global di tengah...

Bupati Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19

CIREBON - Bupati Cirebon Imron dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini dirinya tengah menunggu hasil pemeriksaan untuk melakukan isolasi mandiri atau menjalani perawatan. "Pada hari...

Ekonomi Global Berpotensi Pulih, IHSG Ditutup...

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) melanjutkan tren penguatan seiring potensi pemulihan ekonomi global. IHSG ditutup menguat 89,25 poin atau...

Baca Juga

Dianggap Hina Jusuf Kalla, Ferdinand Hutahaean Dipolisikan

JAKARTA- Putri kedua Jusuf Kalla, Muswirah Jusuf Kalla (Ira) melaporkan bekas kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahean serta pemerhati sosial dan politik Rudi S Kamri...

Petahana Diprediksi Menang, Angka Golput Tinggi

JAKARTA - Dari pemantauan Ind Police Watch (IPW), sebagian besar petahana diprediksi akan memenangkan Pilkada 2020. Dengan perolehan suara di atas 55 persen. Sementara...

Budayawan Belitung Dukung Perjuangan Amel Wujudkan Politik Bersih

BELITUNG TIMUR- Ketua Dewan Kesenian Belitung Iqbal H. Saputra mendukung upaya Syarifah Amelia atau akrab disapa Amel sebagai Ketua Relawan Pasangan calon Bupati Belitung...

Dinilai Kerap Sebar Kebencian, Relawan Jokowi Minta Polisi Tindak Nikita Mirzani, Abu Janda hingga Denny Siregar

JAKARTA- Relawan Jokowi yang tergabung dalam Barisan Relawan Nusantara (Barunasa) mendesak kepolisian agar menertibkan sejumlah buzzer di media sosial yang kerap menebar narasi-narasi kebencian. "Menindak...

Rocky Gerung Pernah Anggap FPI Itu Preman: Saya Jengkel dengan Mereka

JAKARTA- Pengamat Politik Rocky Gerung mengaku termasuk dalah satu orang yang paling benci dengan Front Pembela Islam (FPI). Tapi itu dulu, 10 tahun yang...

Berita Terbaru

Rayakan Anniversary, Citra Kirana Unggah Foto Sebelum dan Sesudah Berhijab

JAKARTA - Citra Kirana resmi merayakan hari jadi pernikahannya yang pertama dengan Rezky Aditya. Demi memperingati perayaan tersebut, Citra pun membagikan momen awal pertemuannya...

Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Rabu, 2 Desember 2020

JAKARTA - Update Infografis percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia per tanggal 2 Desember 2020 Pukul 12.00 WIB.

Kasus Suap Benih Lobster, KPK Geledah Rumah Dinas Edhy Prabowo

JAKARTA - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu (2/12). Penggeledahan ini terkait dengan...

Hasil Tes RT-PCR Positif Diduga Milik Rizieq Shihab Beredar, Begini Kata MER-C

JAKARTA - Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) membantah telah mengeluarkan surat hasil tes RT-PCR atas nama Muhammad R Shihab yang sempat beredar. Ketua Presidium MER-C...

Dianggap Hina Jusuf Kalla, Ferdinand Hutahaean Dipolisikan

JAKARTA- Putri kedua Jusuf Kalla, Muswirah Jusuf Kalla (Ira) melaporkan bekas kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahean serta pemerhati sosial dan politik Rudi S Kamri...

Foto-Foto

News

Data Ekonomi Global membaik, Kurs Rupiah Ditutup Menguat

JAKARTA - Nilai tukar (kurs) Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (2/12) sore ditutup menguat seiring membaiknya data ekonomi global di tengah...

Benny Wenda Jadi Presiden Papua Barat, Tengku Zul: Pak Jokowi Anda Punya Saingan Tuh

JAKARTA – United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) membentuk pemerintahan sementera Republik Papua Barat. Benny Wenda memproklamirkan diri sebagai presiden sementara Republik Papua Barat....

Banser akan Jaga Rumah Ibunda Mahfud MD, Denny Siregar: Negara Hilang Kredibilitas

JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan anggota Banser untuk menjaga kediaman rumah...