17, October, 2021

Dewa 19 Berdiri karena Terinspirasi Dua Band Besar

JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani baru-baru ini menggelar konser bertajuk ‘Mega Konser Dewa 19 Sepanjang Masa’. Dalam mega konser tersebut, Dhani turut mengajak penyanyi dan musisi ternama untuk membawakan lagu-lagu milik Dewa 19.

Saat sesi tanya jawab, Ari Lasso yang mengisi acara membacakan pertanyaan dari penggemar yang menanyakan tentang awal mula berdirinya Dewa 19.

“Dewa 19 dulu itu seperti apa sih Dhan (Ahmad Dhani),” tanya Ari Lasso kepada Dhani seperti dikutip dari kanal YouTube RCTI – ENTERTAINMENT, Minggu (18/10/2020).

“Dewa 19 itu sebenarnya simpel sih. Kita ngefans sama Slank, ngefans sama Kla Project lalu pengen nasib yang sama seperti mereka. Kalo nggak ada Kla (Project), kalo nggak ada Slank ya nggak ada Dewa 19,” kata Dhani menjelaskan.

Dibentuk pada 1986, Dewa 19 merilis album debut mereka pada 1992. Terinspirasi dengan usia para personelnya yang kala itu masih 19 tahun, akhirnya album tersebut diberi judul 19.

Karena disandingkan dengan nama Dewa, banyak yang kemudian mengira bahwa judul album itu merupakan Dewa 19. Sama seperti nama bandnya.

“Jadi orang-orang mengasosiasikan nama band jadi Dewa 19. Makanya di album kedua ditulis namanya Dewa saja bukan Dewa 19,” ujar Dhani merujuk pada album ‘Format Masa Depan’ yang dirilis dua tahun setelah album debut.

Pada album kedua yang bersampul gambar bayi sedang duduk itu, angka 19 di bawah nama Dewa memang tidak ada. Namun, karena penggemar telah mengenal band itu dengan sebutan Dewa 19, maka Dhani dkk memutuskan untuk memakai nama itu dan menggunakannya hingga kini.

“Tapi karena orang terlanjur nyebut Dewa 19, ya udah akhirnya jadi Dewa 19 aja,” jelas Dhani.

Band Dewa dibentuk Dhani bersama kawan-kawannya saat masih duduk di bangku SMP. Nama band ini sendiri diambil dari inisial para personel awal mereka yakni Dhani, Erwin, Wawan dan Andra.

Dalam perjalannya, Dewa 19 kerap bongkar pasang personel, termasuk Ari Lasso dan Once Mekel yang pernah menjadi vokalis utama. (dbs/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer