Ngeri, Covid-19 Babel Melonjak

Beranda Nusantara Ngeri, Covid-19 Babel Melonjak

BABEL – Penambahan kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) makin mengerikan. Jika sehari sebelumnya hanya ada dua orang terkonfirmasi positif Covid-19, maka data yang diperoleh Babel Pos kemarin (22/9), se Babel bertambah 13 kasus.

DI Kota Pangkalpinang, sebagaimana laporan Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Pangkalpinang, ada tambahan 8 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan di Kabupaten Belitung, ada penambahan 5 kasus.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim M Kes menyebutkan, dari 8 kasus tersebut, 6 pasien di antaranya memiliki riwayat pulang dari Pontianak Kalimantan Barat, dan satu pasien pulang dari Jakarta. Sementara satu pasien lainnya merupakan kasus konfirmasi.

Untuk enam pasien yang baru pulang dari Pontianak yakni Tn R (46) warga Jalan Patin Kecamatan Pangkalbalam, Tn Al (32) warga Air Samak Kecamatan Majelang RT.03/03 Mentok Bangka Barat yang berdomisili di Jalan Stania dekat Mesjid Baiturrohim Bukit Baru Kelurahan Taman Bunga Kecamatan Gerunggang, Tn AA (40) warga Jalan Meranti Kelurahan Bukit Sari Kecamatan Gerunggang Tn S (29) warga Jalan KH Abdul Addari Kelurahan Rawa Bangun Taman Sari, Tn NI (37) warga Letkol Saleh Ode Kelurahan Kacang Pedang Kecamatan Gerunggang dan Tn MH (35) warga Jalan Batin Tikal Kelurahan Batin Tikal Kecamatan Taman Sari.

BACA JUGA: Tingkatkan Produksi Pertanian di Malang, Ditjen PSP Kementan Bangun Embung

“Keenam pasien ini terpapar dari Tn IT yang sebelumnya juga terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari Pontianak. Dan 21 September kemarin, semuanya sudah menjalani karantina di BKPSDM Provinsi Babel,” ungkap Hakim seperti dikutip dari Babel Pos (Fajar Indonesia Network Grup).

Sedangkan pasien yang diketahui memiliki riwayat dari Jakarta, berinisial Tn RA berusia 39 tahun. RA merupakan warga Jalan Hormen Maddati Gang Binjai Kelurahan Melintang Kecamatan Rangkui. “Seperti halnya dengan enam pasien yang pulang dari Pontianak, RA juga kini menjalani karantina di BKPSDM Provinsi Babel sejak 21 September kemarin,” terang Hakim.

Sementara satu pasien lainnya, lanjut Mantan Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin ini, berinisial DM seorang perempuan berusia 17 tahun. DM, tambahnya, memiliki riwayat kontak erat dengan Ny EE yang sebelumnya terpapar Covid-19 terlebih dahulu.

“DM ini warga Jalan Patin Kelurahan Rejosari Pangkalbalam. Dan mulai hari ini menjalani karantina di BKPSDM Provinsi Babel,” bebernya.

BACA JUGA: Engga Pakai Bra, Deddy Corbuzier ke Dinar Candy: Kalau Aku Nafsu Gimana…

Dengan tambahan ini, sambung Hakim, jumlah positif Covid-19 di Pangkalpinang sudah mencapai 138 kasus dengan rincian 46 pasien bergejala, 96 pasien tanpa gejala, 95 pasien selesai isolasi dan 42 pasien terkonfirmasi belum sembuh atau masih dalam perawatan. Satu satu pasien lainnya meninggal dunia.

“Kepada masyarakat kami terus mengimbau agar terus waspada dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena sampai saat ini kami juga mencatat suspek Covid-19 sebanyak 307 orang, suspek discarded 264 orang, kontak erat 822 dan kontak erat discarded sebanyak 731 orang,” pungkas Hakim.

Belitung Tambah 5 Kasus, Termasuk Anak dan Istri WNA Prancis
Sementara itu, kasus penambahan kasus positif Covid-19 juga dialami Kabupaten Belitung. Menurut Bupati Belitung yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung H Sahani Saleh S Sos dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/09) kemarin, ada penambahan 5 orang yang terpapar Covid-19.

BACA JUGA: Pastikan Kesehatan Pekerjanya, Brantas Abipraya Gandeng Kemnaker Gelar Rapid Tes

Penambahan kasus ini diketahui dari pemeriksaan Uji PCR Spesimen Swab (Usap) tenggorokan dengan alat TCM dari Laboratorium Biomedis Rumah Sakit dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung. Adapun kelima pasien tersebut yakni: IL, pasien nomor 1411; Na Pasien 1413; SS, pasien nomor 1454; WS pasien nomor 1455; dan BS, pasien nomor 1457. Dari 5 pasien ini, dua diantaranya adalah anak dam istri dari WNA Prancis JN (66)
Istri dan anak pasien 1412 positif Covid-19 WNA asal Prancis, ikut terpapar berdasarkan pemeriksaan Uji PCR Spesimen Swab tenggorokan dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD dr H Marsidi Judono, Kabupaten Belitung.

“Pasien 1411 inisial IL perempuan (52) swab positif terkonfirmasi Covid-19 dan pasien 1413 inisial NA perempuan (9) swab positif terkonfirmasi Covid-19. Keduanya merupakan istri dan anak dari pasien 1412,” terang Bupati Belitung H. Sahani Saleh.

Sebelumnya, pasien 1412 yang merupakan WNA Perancis dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 21 September 2020. Pada tanggal 9 September 2020, dia bersama pasien 1411 dan 1413 datang dari Negara Perancis, lalu transit 1 malam di Jakarta, dan tiba di Belitung pada tanggal 11 September 2020.

BACA JUGA: Infografis: Prakiraan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III dan Sektor Penopangnya

Setibanya di Tanjungpandan, Belitung, pasien dilakukan rapid test pada tanggal 11 September 2020 di RSUD dr H Marsidi Judono, Kabupaten Belitung, dengan keluhan gejala panas, batuk dan pilek.

“Hasil tes menyatakan bahwa hasilnya non reaktif, kemudian kedua pasien dipulangkan. Sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia kedua pasien juga sudah pernah melakukan tes Swab PCR sebanyak 3 kali di Perancis dengan hasil negatif,” jelas Bupati yang karib disapa Sanem.

Setelah pasien 1412 dinyatakan positif pada tanggal 21 September 2020, pasien 1411 dan 1413 juga ikut dilakukan pengambilan swab, untuk pemeriksaan lanjutan swab PCR dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD. Dan hasil tes menyatakan bahwa pasien 1411 dan Pasien 1413 terkonfirmasi positif Covid-19.

BACA JUGA: Camat di Perbatasan Siap Dukung Masyarakat Produktif Aman Covid-19 dan Suksesnya Pilkada 2020

“Saat ini kedua pasien sedang diisolasi dan diobservasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono, Kabupaten Belitung untuk menentukan perawatan lebih lanjut sesuai pedoman yang berlaku,” tukas orang nomor 1 di Kabupaten Belitung.

Selain ibu dan anak dari WNA asal Prancis, ada 3 pasien lainnya yang juga positif terpapar Covid-19 di Kabupaten Belitung. “Ketiganya yaitu pasien 1454 inisial SS perempuan (57), pasien 1455 inisial WS laki-laki (63), dan pasien 1457 inisial BS laki-laki (55),” sebut Sanem.

Menurut Bupati, pasien 1454 dan1455 adalah sepasang suami istri. Pasien 1454 berinisial SS adalah istrinya. Pasien dirujuk dari sebuah rumah sakit swasta di Belitung pada tanggal 21 September 2020, dengan gejala sesak, batuk dan suspek Bronkopneumonia.

“Pasien dengan riwayat perjalanan dari Jakarta pada tanggal 13 September 2020. Pada tanggal 21 September 2020 pasien dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif,” jelas Bupati Belitung.

BACA JUGA: Gatot Nurmantyo Ngaku Dicopot Jokowi Karena Putar Film G30S/PKI

Lalu, pada tanggal 22 September 2020 dilakukan pengambilan swab pertama pasien. Dan hasilnya dinyatakan bahwa pasien 1454 terkonfirmasi positif Covid-19. “Saat ini pasien sedang dirawat di ruang isolasi ICU RSUD dr H Marsidi Judono,” paparnya.

Sedangkan suaminya WS, adalah pasien 1455 yang dirujuk dari rumah sakit swasta di Belitung pada tanggal 21 September 2020. Pasien ini dengan gejala sesak dan penyakit komorbid kencing manis. WS sempat menjalani perawatan di rumah sakit swasta di Belitung tersebut mulai dari tanggal 18 September 2020.

Adapun riwayat perjalanan pasien juga bersama istrinya dari Jakarta pada tanggal 13 September 2020. Kemudian, pada tanggal 21 September 2020 pasien dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

BACA JUGA: Reforma Agraria Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Nasional di Bidang Pertanahan

Lantas, pada tanggal 22 September 2020 dilakukan pengambilan swab pertama pasien, dan hasilnya dinyatakan bahwa Pasien 1455 terkonfirmasi positif Covid-19. “Saat ini pasien sedang dirawat di ruang Isolasi ICU RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung,” terang Sanem.

Kemudian pasien 1457 berinisial BS (55). Pasien ini dirujuk dari sebuah klinik swasta di Belitung pada tanggal 21 September 2020, dikarenakan hasil rapid test di klinik swasta tersebut dinyatakan reaktif.

Pada tanggal 22 September 2020 dilakukan pengambilan swab pertama pasien, dan hasilnya dinyatakan bahwa pasien 1457 terkonfirmasi positif Covid-19. “Saat ini pasien sudah dikarantina di Pusat Karantina SKB Tanjungpandan, Belitung,” pungkas Sanem.(pas/dod)

Baca Juga

Bupati Banyuwangi Paparkan Manfaat Smart Kampung di Webinar Smart City International

BANYUWANGI- Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas memaparkan pengembangan smart kampung dan smart city yang telah diterapkan Pemerintah Daerah Banyuwangi dalam menghadapi menghadapi pandemi COVID-19. Abdul...

2 Ribu Kendaraan Masuk Lembang, Arus Lalulintas Alami Kepadatan

LEMBANG - Meningkatnya volume kendaraan di jalur kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, menyebabkan penumpukan kendaraan di sejumlah ruas jalan, Jumat (30/10). Untuk mengurai kepadatan...

Edukasi Pengunjung Obyek Wisata

SLAWI - Langkah riil memenkan penyebaran virus covid 19 ditengah libur panjang dilakukan jajaran Polres Tegal. Kali ini langkah edukasi disertai pembagian masker dilakukan...

Banjir Semakin Meluas di kabupaten Cilacap, Warga Memilih Ngungsi

CILACAP - Banjir di wilayah Kecamatan Kroya semakin meluas. Sejumlah ruas jalan raya pun ikut tergenang. Jum'at (30/10), tercatat ada enam desa di Kecamatan...

Libur Panjang Rawan Penularan

CIHIDEUNG – Cuti libur bersama berpotensi meningkatkan kerawanan penularan Covid-19 di Kota Tasikmalaya menjadi lebih meningkat. Cuti bersama yang berlaku sejak Rabu (28/10) ini...

Berita Terbaru

Tak Bertemu Anak selama Sebulan dan Dirawat di RS, Melaney Ricardo Sakit Apa?

JAKARTA - Presenter Melaney Ricardo sedang diterpa cobaan. Istri Tyson Lynch itu dikabarkan sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Wanita berusia 39 tahun...

Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Sabtu, 31 Oktober 2020

JAKARTA – Update Infografis percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia per tanggal 31 Oktober 2020 Pukul 12.00 WIB.

Mayangsari Kembali Menyanyi, Faktor Suami Terjerat Utang?

JAKARTA - Mayangsari diketahui akan segera kembali ke dunia tarik suara usai mendapatkan dukungan dan restu dari sang suami, Bambang Trihatmodjo. Usai dinikahi oleh putra...

Angkasa Pura I Balikpapan gelar Lomba Panahan Peringati Sumpah Pemuda

BALIKPAPAN - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 PT Angkasa Pura I (Persero) bersama komunitas Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) menggelar kegiatan Lomba Panahan Tingkat...

Wujudkan Indonesia Go Digital untuk Menjawab Tantangan Persaingan Global

JAKARTA - Membahas teknologi yang terus berkembang tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangannya membawa kita menuju dunia yang tidak pernah bisa dibayangkan sebelumnya. Teknologi...

Nusantara

Bupati Banyuwangi Paparkan Manfaat Smart Kampung di Webinar Smart City International

BANYUWANGI- Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas memaparkan pengembangan smart kampung dan smart city yang telah diterapkan Pemerintah Daerah Banyuwangi dalam menghadapi menghadapi pandemi COVID-19. Abdul...

2 Ribu Kendaraan Masuk Lembang, Arus Lalulintas Alami Kepadatan

LEMBANG - Meningkatnya volume kendaraan di jalur kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, menyebabkan penumpukan kendaraan di sejumlah ruas jalan, Jumat (30/10). Untuk mengurai kepadatan...

News

DPR Kritisi Lambannya Pertumbuhan Pertanian di NTB

JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Darori Wonodipuro mengkritisi pertumbuhan sektor pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya Kabupaten Sumbawa yang tidak...

739 Ribu Tenaga Vaksinasi Disiapkan

JAKARTA - Program vaksinasi COVID-19 makin dimatangkan. Pemerintah telah menyiapkan ratusan ribu tenaga kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal kepada masyarakat Indonesia. Juru bicara pemerintah Penanganan...

Dukung Inovasi Bisnis, Angkasa Pura I Siap Gabung Holding BUMN Pariwisata

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mendukung dan siap bergabung dengan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang penerbitan landasan hukumnya ditargetkan dapat selesai...

Banjir Semakin Meluas di kabupaten Cilacap, Warga Memilih Ngungsi

CILACAP - Banjir di wilayah Kecamatan Kroya semakin meluas. Sejumlah ruas jalan raya pun ikut tergenang. Jum'at (30/10), tercatat ada enam desa di Kecamatan...

Libur Panjang Rawan Penularan

CIHIDEUNG – Cuti libur bersama berpotensi meningkatkan kerawanan penularan Covid-19 di Kota Tasikmalaya menjadi lebih meningkat. Cuti bersama yang berlaku sejak Rabu (28/10) ini...

Stok Beras Aman Hingga Februari 2021

ASTANAJAPURA – Dalam menghadapi musim penghujan, stok kebutuhan pangan seperti beras, bakal aman. Hal itu akibat dari masih adanya sisa stok gabah hasil panen...

Harga Garam Murah, Pembeli Langka

PANGENAN - Harga garam yang terlalu murah, ditambah jarang ada pembeli, membuat petani melakukan penimbunan. Bukan hanya menimbun hasil produksi tahun 2020 ini saja,...