Polda Lampung: Orang Tua Sebut Pelaku Penusukan Ali Jaber Alami Gangguan Jiwa

Beranda Hukum dan Kriminal Polda Lampung: Orang Tua Sebut Pelaku Penusukan Ali Jaber Alami Gangguan Jiwa

LAMPUNG- Polda Lampung angkat bicara mengenai penusukan yang dialami oleh Ustad Syech Ali Jaber, oleh  Alfin Andrian.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto menjelasakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 17.00 WIB. Ketika Ustad Syech Ali Jaber mengisi tausyiah di Masjid Falahudin, Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjungkarang Barat.

“Pada saat itu yang bersangkutan sedang melaksanakan program satu juta hafiz dengan metode memberikan wisuda kepada penghafal Alquran. Kemudian ceramah dan tanya jawab,” katanya, dikutip Radar Lampung (Grup FIN), Senin (14/8).

Kemudian pada saat tanya jawab lanjut jenderal bintang dua ini, ada seorang yang tak dikenal langsung menyerang, dan menyebabkan Ustad Syech Ali Jaber mengalami luka pada bagian lengan atas tertusuk sedalam 4 cm. “Pelaku memakai pisau dapur,” kata dia.

“Kediaman pelaku sendiri tak jauh dari masjid tempat berlangsungnya acara. Yakni di Jalan Tamin, TkB. Jaraknya sekitar 300 meter,” jelasnya.

Ditanya mengenai modus operandi yang dilakukan pelaku, Kapolda mengatakan menurut penjelasan orang tua pelaku mengalami gangguan jiwa.

“Tetapi dari pihak kepolisian tidak percaya begitu saja menerima penjelasan ini. Sehingga dari pihak kami proaktif malam ini untuk mengundang dokter dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Lampung,” tambahnya.

Dan untuk pelaku sendiri kini tengah dilakukan observasi awal pemeriksaan. Pun direncanakan akan dibawa ke RSJ.

“Selain itu kita lakukan pemeriksaan urine kepada pelaku. Dan hasilnya negatif dan kita akan melakukan pemeriksaan di RSJ dan kedua akan memanggil psiakter dari dokter kepolisian,” ucapnya.

“Kami akan koordinasikan ke Biddokes. Saat ini dalam pendalaman oleh Reskrim. Didampingi dokter psikiatri,” jelasnya.

Tak hanya itu hal lain yang turut disampaikan dirinya yakni bahwa dalam pemerintah menjamin para ulama untuk berdakwah.

“Tapi protokol kita lihat protokol kesehatan yang dilakukan panitia cukup baik. Cuma ada orang tidak dikenal menyerang dengan tiba-tiba. Dan syech langsung diberikan pertolongan. Dan yang bersangkutan akan membuat laporan, direncanakan besok,” kata dia.

Ke depan pihaknya akan melakukan peningkatan pengamanan agar peristiwa ini tak terulang. “Kita tingkatkan pengamanan terbuka dan tertutup semoga penyerangan ini tidak berlanjut. Dan terus dilakukan pemeriksaan pendalaman terhadap pelaku,” ucapnya.

Ditanya terkait senjata yang digunakan pelaku, Kapolda menjelaskan bahwa pelaku membawa sebuah pisau dapur dari kediamannya. “Ini juga kita lagi dalami. Pun sama dengan motif sesungguhnya masih terus kita dalami,” kata dia.

“Karena pihak kepolisian bertanya agak kesulitan menangkapnya. Untuk proses pikir bagus tanya jawab. Tetapi isi pikirannya berbeda,” tambahnya

Pun terkait apakah pelaku ada indikasi kelompok tertentu. “Kami dalami apakah dia terlibat atau apa masih kami dalami,” pungkasnya. (ang/sur/Radar/FIN)

Sumber: Radarlampung online.

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Pernah Diminta Jadi Istri Kedua Raffi Ahmad, Nita Thalia Mengaku…

JAKARTA - Pedangdut Nita Thalia membuat pengakuan yang mengejutkan publik. Dalam acara Kursi Panas Trans TV, Nita mengaku bahwa dirinya pernah didekati oleh Raffi...

Perjodohannya dengan Putra Syekh Ali Jaber Tuai Pro Kontra, Wirda Mansur Beri Penegasan

JAKARTA - Wirda Mansur angkat suara mengenai gurauan ayahnya Ustaz Yusuf Mansur yang pernah berniat menjodohkannya dengan putra mendiang Syekh Ali Jaber, Al Hasan...

Wanita yang Mesum di Halte Bus Senen Baru Kenal Lawan Mainnya di Lokasi

JAKARTA - Kapolsek Senen Kompol Ewo Samono mengatakan seorang wanita berinisial MA yang diduga melakukan tindak asusila di halte bus SMK Negeri 34 Jakarta...

Lagi Ramai soal Rasisme, Denny Siregar Malah Bilang Natalius Pigai Cengeng

JAKARTA- Pegiat media sosial Denny Siregar menyentil aktivis kemanusiaan, Natalius Pigai yang saat ini tengah ramai dibahas terkait ujaran rasis terhadapnya.Denny Siregar membandingkan dengan...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News