22, October, 2021

Kakek Arteria Dahlan Pendiri PKI, Tokoh Papua: Pantas tak Beretika!

JAKARTA- Kakek dari Politikus PDI-Perjuangan, Arteria Dahlan merupakan seorang pendiri Partai Kominis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini diutarakakan oleh tokoh pers Sumbar, Hasril Chaniago di Indonesia Lawyers Club (ILC) dengan tema ‘Sumbar Belum Pancasila?’, pada Selasa (8/9) malam.

“Arteria Dahlan itu kakeknya itu Bachtaruddin, nama kakeknya itu. Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota konstituante setelah Pemilu 1955,” kata Hasril Chaniago.

Pernyataan ini jadi ramai. Nama Arteria jadi trending topik di twitter pada Rabu (9/9/)

Tokoh Papua, Christ Wamea ikut mengomentari Arteria. Melalu twitter, kader Demokrat ini ikut menyentil Arteria.

HASRIL CHANIAGO (Tokoh Pers Sumbar): Kakek dari ARTERIA DAHLAN (Kader PDIP) adalah Pendiri “PKI di Sumatera Barat” dan mrpkan anggota konstituante stlh Pemilu 1955. Pantasan selama ini karakternya tak beretika.” Tulis Christ Wamea dikutp Rabu (9/9/).

Tangkapan layar cuitan Christ Wamea via twitter

Sebelumnya, pembahasan soal pernyataan Puan Maharani di ILC jadi perdebatan hangat. Hasril Chaniago menilai, pernyataan Puan berakar dari ketidak tahuan akan Sejarah.

Dia menjelaskan bahwa, Soekarno merupakan sosok yang paling disukai di Sumbar. Sebab Soekerno merupakan teman dari Muhammad Hatta. Namun sayangnya, Soekarno memasukan paham Komunis ke Pemerintahan. Hal itu membuat dia dibenci di Sumatera Barat. Hingga kemudian, Partai Soekarno kalah telah pada pemili 1955 di Sumbar.

Oleh karena itu, Hasril menyarankan agar Puan minta maaf atas pernyataannya itu yang telah membuat kontroversi.

“Mohonlah tolong kawan-kawan di PDIP itu bujuk Mbak Puan itu, minta maaf itu tidak memalukan, malah menimbulkan kehormatan. Dan meminta maaf itu bukan hanya karena kesalahan. Orang menunggu, betul itu kata Hasto, kata Arteria, itu kata Basarah, yang kata Puan sendiri mana?” ucap Hasril. (dal/fin).

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer