Israel Bakal Bangun Ratusan Pumukiman Ilegal di Tepi Barat

Beranda Internasional Israel Bakal Bangun Ratusan Pumukiman Ilegal di Tepi Barat

JAKARTA – Pemerintah Israel berencana membangun lebih dari 160 unit perumahan untuk pemukim ilegal di Tepi Barat yang diduduki. Rencana ini dikeluarkan saat Israel bersiap untuk mencaplok sepertiga wilayah Palestina.

Seperti dilansir the New Arab, Selasa (7/7), Kepala Komite Perlawanan Tembok dan Permukiman di Betlehem (CAWSB), Hassan Bureijia mengatakan, bahwa Komite Perencanaan Tinggi Administrasi Sipil Israel telah menyetujui pembangunan 164 unit rumah di pemukiman Neve Daniel di Betlehem selatan.

“Upaya ilegal Israel itu akan menciptakan lingkungan baru yang dibangun di atas tanah milik Palestina di Kota Khader. Letaknya sekitar lima kilometer barat Betlehem dan desa Nahalin,” kata Bureijia.

Menurut Bureijia, pembangunan pemukiman dipandang sebagai penghalang bagi perdamaian, pelanggaran kedaulatan Palestina, dan dianggap ilegal menurut hukum internasional.

“Israel telah menduduki Tepi Barat secara ilegal sejak 1967, dan melakukan berbagai pelanggaran terhadap warga sipil Palestina,” ujarnya.

Saat ini ada lebih dari 600 ribu orang Yahudi Israel tinggal di pemukiman di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur, dalam konstruksi yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional. Perjanjian Oslo tahun 1995 membagi Tepi Barat yang diduduki menjadi tiga yakni Area A, Area B dan Area C.

Area A berada di bawah kendali administrasi dan keamanan Otoritas Palestina (PA). Administrasi Area B dikendalikan oleh Otoritas Palestina sementara Israel mengendalikan keamanan.

Sedangkan area C berada di bawah kendali administrasi dan keamanan penuh Israel. Israel semula berencana memulai aneksasi Tepi Barat pada 1 Juli, tetapi rencana itu ditunda. (der/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Tiga Kapolri Termuda

JAKARTA - Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri dengan pangkat Jenderal Polisi. Sigit merupakan salah satu Kapolri termuda dalam sejarah Indonesia, selain Tito...

KPK Dalami Peran Istri Edhy Prabowo dalam Kasus Suap Izin Ekspor Benih Lobster

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan keterlibatan istri mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi, dalam sengkarut suap izin...

Mahfud MD Akui Sudah Memprediksi Penurunan IPK Indonesia

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku sudah memprediksi Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada 2020 mengalami penurunan.Diketahui,...

Maia Estianty Ultah, Dul Jaelani Ungkap Harapan yang Tak Bisa Dikabulkan Sang Bunda

JAKARTA - Maia Estianty mendapat kejutan dari ketiga anaknya yakni Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani di hari ulang tahunnya yang ke-45 pada...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News