Gempa 5,4 SR di Rangkasbitung

Beranda Nusantara Gempa 5,4 SR di Rangkasbitung

JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala richter (SR) mengguncang Rangkasbitung, Banten, Selasa (7/7), pukul 11.44.14 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di koordinat 6.69 Lintang Selatan, 106.14 Bujur Timur, pada kedalaman 82 km. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Tiar Prasetya mengatakan guncangan gempa dirasakan hingga Jakarta dan Jaw Barat.

Baca Juga: Laut Jawa Diguncang Gempa 6,1 SR

“Getaran gempa terasa pada skala II MMI di Jakarta,” katanya, Selasa (7/7).

Getaran gempa pada skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa di Rangkasbitung getarannya juga dirasakan di Lebak pada skala III-IV MMI; Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, dan Sukabumi pada skala III MMI; Depok dan Bandung pada skala II-III MMI; serta Tangerang Selatan pada skala II MMI.

Getaran pada skala III MMI dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu dan getaran pada skala IV MMI dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah dan beberapa orang di luar rumah serta menimbulkan gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.(gw/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Inul Daratista Akui Punya ‘Berondong’, Lagi Bermasalah dengan Adam Suseno?

JAKARTA - Pedangdut Inul Daratista membuat pengakuan yang cukup menghebohkan publik. Baru-baru ini, Inul membagikan sebuah video yang mengungkapkan jika dirinya kini sedang memiliki...

BI Tegaskan Alat Pembayaran yang Sah Hanya Rupiah

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menegaskan rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia.Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, setiap transaksi...

BTN Diharapkan Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berharap, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) pada tahun 2021 dapat menjadi lokomotif pemulihan ekonomi...

Natalius Pigai Bilang Denny Siregar dan Abu Janda Seperti Herder yang Sudah Disetting

JAKARTA- Mantan anggota Komnas HAM, Natalius Pigai menyoroti rasisme yang kerap dilakukan oleh para buzzer di media sosial yang pro terhadap Pemerintah. Pigai menilai,...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News