Beranda Internasional Angka Bunuh Diri di Gaza Palestina Tinggi

Angka Bunuh Diri di Gaza Palestina Tinggi

- Advertisement -
- Advertisement -

JAKARTA – Wakil Direktur Pusat Hak Asasi Manusia Al Mezan, Samir Zaqout, mengatakan sedikitnya 17 orang tewas dan ratusan lainnya melakukan percobaan bunuh diri di Jalur Gaza yang menjadi daerah miskin pada tahun ini.

“Kami telah mencatat 17 kematian akibat bunuh diri dan ratusan percobaan bunuh diri, yaitu di antara kaum muda, sejak awal tahun ini,” kata Samir Zaqout, seperti dilansir dari Al Arabiya yang mengutip AFP, Selasa (7/7).

Zaqout menuturkan, faktor utama terjadinya kematian akibat bunuh diri itu adalah kemiskinan ekstrem yang melanda wilayah Jalur Gaza.

“Kondisi kehidupan yang sulit dan kurangnya kebebasan berekspresi adalah semua faktor di balik bunuh diri ini,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara kepolisian Hamas, Ayman al-Batniji, membantah data bunuh diri yang dilaporkan Al Mezan. Menurutnya, angka bunuh diri tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini telah terjadi 12 bunuh diri di Gaza dan itu kurang dari 32 kasus yang dilaporkan pada 2019,” katanya.

Israel telah memberlakukan blokade darat, laut, dan udara yang menyesakkan Jalur Gaza selama lebih dari satu dekade, setelah menarik diri dari kantong padat penduduk pada 2005.

Menurut PBB, sebelum pandemi virus Covid-19, 43 persen dari perkiraan dua juta penduduk Gaza merupakan pengangguran. Sementara 80 persen penduduk bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup. (der/fin)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

[300x250]