Ratusan Penambang Giok Tewas Tertimpa Longsor

Beranda Internasional Ratusan Penambang Giok Tewas Tertimpa Longsor

JAKARTA – Sedikitnya 126 penambang batu giok tewas akibat tertimpa tanah longsor di Myanmar, pada Kamis (2/7). Tanah longsor ini terjadi usai hujan lebat di dekat perbatasan Cina di negara bagian Kachin.

“Total korban tewas sejauh ini adalah 126,” kata departemen pemadam kebakaran Myanmar seperti dikutip dari AFP, Kamis (2/7).

Pihak berwenang mengatakan, ini merupakan salah satu bencana terparah yang terjadi di industri berisiko tinggi itu.

BACA JUGA: RI Naik Peringkat Berpendapatan Kelas Menengah ke Atas

Seorang perwira polisi setempat mengatakan upaya pencarian dan penyelamatan dihentikan sementara karena hujan lebat di lokasi.

“Para penambang giok terjebak gelombang lumpur,” kata pernyataan tersebut.

Saat kejadian, para pekerja sedang mencari batu permata di daerah pegunungan yang curam di kota Hpakant, di mana alur-alur dari penggalian sebelumnya telah melonggarkan bumi.

Foto yang diposting di halaman Facebook menunjukkan tim pencarian dan penyelamatan mengarungi lembah yang dilanda longsor.

Setiap tahun selalu ada kematian di industri batu giok yang sangat menguntungkan negara tetapi tidak diikuti dengan regulasi yang baik. Perusahaan menggunakan pekerja migran bergaji rendah untuk mengikis permata yang sangat berharga di Cina.

Kepolisian setempat mengatakan, para penampang kemungkinan mengabaikan peringatan untuk tidak bekerja selama musim hujan.

“Beberapa orang selamat ditarik dari lumpur sebelum upaya penyelamatan dihentikan,” kata Kepala desa Kyaw Min. (der/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Mahfud MD Akui Sudah Memprediksi Penurunan IPK Indonesia

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku sudah memprediksi Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada 2020 mengalami penurunan.Diketahui,...

Maia Estianty Ultah, Dul Jaelani Ungkap Harapan yang Tak Bisa Dikabulkan Sang Bunda

JAKARTA - Maia Estianty mendapat kejutan dari ketiga anaknya yakni Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani di hari ulang tahunnya yang ke-45 pada...

Dinilai Hina Fisik Natalius Pigai, KNPI Resmi Polisikan Permadi Arya

JAKARTA- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ikut melaporkan Permadi Arya alias Abu Janda ke Bareskrim Polri. Abu Janda dilaporkan terkait cuitan terhadap eks Anggota...

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Melorot Tiga Poin di 2020

JAKARTA - Transparency International Indonesia (TII) merilis skor Indeks Persepsi Indonesia (IPK) 2020 mencapai angka 37. Capaian tersebut menurun dari IPK Indonesia pada 2019...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News