Arsenal vs Norwich: Ultimatum David Luiz

LONDON – Pasca pandemi, penampilan bek Arsenal David Luiz memang berbeda. Bek asal Brasil itu menjadi biang kekalahan Arsenal di kandang Manchester City 0-3, Kamis (18/6) dinihari WIB. Datang sebagai pemain pengganti, pemain berambut keriting itu membuat dua kesalahan sekaligus yang membuat City menciptakan dua gol dari Raheem Sterling dan Kevin de Bruyne (penalti). Wajar jika banyak yang bicara, performa Luiz sangat overrated.

Jika mencatat dari berbagai laga sebelumnya, Luiz memang kerap melakukan kesalahan yang berbuah penalti. Squawka mencatat, mantan bek Chelsea itu sudah empat kali melanggar pemain lawan di kotak penalti sendiri sejak awal musim ini. Rangkaian blundernya tersebut rupanya disorot tajam oleh mantan pemain Arsenal, David Bentley. Winger asal Inggris itu tanpa ragu menyebut Luiz sebagai sumber masalah. Menurutnya, pemain overrated tersebut tidak pantas untuk dipertahankan.

“Ya, David mencerminkan sosok bek termahal. Sangat disayangkan. Dia memang memiliki teknik yang hebat, namun itu tak terlihat kemarin,” kata Bentley, dilansir dari Talksport.

Bentley pun mengaku heran mengapa Arsenal masih memperpanjang kontrak Luiz.Sebagaimana diketahui, Luiz sendiri resmi bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim panas 2019. Manajemen The Gunners –julukan Arsenal– merekrut Luiz dari Chelsea dengan mahar sebesar EUR 8,7 juta (Rp142 miliar).

Legenda AC Milan, Rudd Gullit pun punya anggapan yang sama. Menurutnya, Luiz bisa digantikan dengan pemain Arsenal yang bisa menjaga gawang mereka dengan baik. “Dia lebih memilih bermain sebagai bek… Well, kita semua tentu ingat duel antara Brasil dan Jerman (Piala Dunia 2014, Brasil takluk 1-7). Saya benar-benar tak habis pikir dengannya! Beberapa klub sudah menyingkirkan dia, tapi dirinya tetap saja balik lagi,” ucap Gullit dilansir dari Mirror.

Sementara itu kontrak Luiz di London Utara akan habis pada musim panas ini. Dengan penampilan melawan City, manajer Arsenal Mikel Arteta bisa jadi akan pikir-pikir untuk mempertahankan mantan penggawa Chelsea dan Paris St. Germain itu. Sayanngya, Arsenal tak akan membawanya saat melawan Norwich City dini hari nanti. Padahal, laga nanti bisa menjadi penebusan kesalahannyanya. Jika bukan clean sheet, minimal Luiz bisa membantu Arsenal mencetak gol dari peluang setpiece.

Arsenal masih berada di posisi 10 besar Liga Inggris dan baru lolos ke semifinal Piala FA. Kemenangan atas Southampton membawa hal yang istimewa bagi sang pelatih Mikel Arteta. Pasalnya, hasil dua gol tanpa balas itu tersebut merupakan kemenangan tandang perdananya saat melatih Arsenal di Liga Inggris. Keberhasilan Arsenal membungkam Sheffield United dalam ajang Piala FA membuat The Gunners diliputi konfidensi tinggi.

“Kami baru saja menang secara beruntun. Tetap dukung kami, tetap bersama kami. Kami sadar tengah ada proses menuju perbaikan tim , dan kami mencoba memenangkan sebanyak mungkin pertandingan untuk menyenangkan suporter,” ucap gelandang Arsenal, Ainsley Maitland-Niles.

Di atas kertas, Arsenal memang di atas angin dibanding Norwich City yang masih terpuruk di liga. Kampiun EFL Championship musim lalu ini terdampar di dasar klasemen sementara sejak akhir Desember lalu. Pasca Liga Premier dilanjut, The Canaries menelan kekalahan beruntun dari Southampton dan Everton. (fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here