Protokol Covid-19 UTBK Dinilai Memberatkan

Beranda Nusantara Protokol Covid-19 UTBK Dinilai Memberatkan

PURWOKERTO – Protokol kesehatan Covid-19 pelaksanaan UTBK pada kondisi new normal di Banyumas dirasa memberatkan peserta luar Banyumas.

Rizky, warga luar Banyumas mengatakan adiknya ingin berkuliah di Purwokerto dan mengikuti UTBK di Banyumas. Setelah ada saudara yang memberitahukan protokol Covid-19 yang harus dipatuhi peserta UTBK saat di Banyumas pada akhirnya niat tersebut diurungkan.

“Ada beberapa poin yang bisa memberatkan. Untuk masker dan syarat rapid tes non reaktif okelah,” katanya seperti dikutip dari Radar Banyumas (Fajar Indonesia Network Grup).

Rizky menjelaskan dari 8 protokol Covid-19 pelaksanaan UTBK 2020 pada kondisi new normal di Banyumas, syarat yang dirasa memberatkannya ketika peserta tidak diizinkan menginap di tengah masyarakat. Dia mempertanyakan jika peserta tidak diizinkan menginap di tengah masyarakat, harus kemana peserta menginap hanya satu dua hari.

“Menginap di rumah saudara sendiri apa termasuk menginap di tengah masyarakat,” tanya dia.

Dirinya melanjutkan keberatan tersebut pertimbangannya semata-mata terkait biaya yang harus dikeluarkan peserta UTBK luar Banyumas di tengah keterbatasan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Untuk mengikuti tes rapid saja peserta sudah mengeluarkan tambahan biaya hingga ratusan ribu rupiah diluar ongkos perjalanan ke Banyumas.

“Kalau menginap di hotel tambah lagi pengeluaran. Dengan melapor kepada gugas tingkat desa/kelurahan dan menunjukkan hasil rapid tes non reaktif mungkin itu sudah cukup,” pungkas Rizky.

Ketua Panitia UTBK Unsoed, Krisnhoe Maya Woelandari MM mengatakan terkait protokol kesehatan Covid-19 pelaksanaan UTBK pada kondisi new normal di Banyumas, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Banyumas. Dari penyelenggara patuh terhadap apa yang menjadi aturan dari Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait protokol kesehatan Covid-19.

“UTBK diselenggarakan tidak hanya di Banyumas namun juga di berbagai wilayah. Peserta bisa mencari lokasi tes terdekat,” katanya Jumat (26/6) saat pra simulasi UTBK. (yda)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Maia Estianty Ultah, Dul Jaelani Ungkap Harapan yang Tak Bisa Dikabulkan Sang Bunda

JAKARTA - Maia Estianty mendapat kejutan dari ketiga anaknya yakni Al Ghazali, El Rumi dan Dul Jaelani di hari ulang tahunnya yang ke-45 pada...

Dinilai Hina Fisik Natalius Pigai, KNPI Resmi Polisikan Permadi Arya

JAKARTA- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ikut melaporkan Permadi Arya alias Abu Janda ke Bareskrim Polri. Abu Janda dilaporkan terkait cuitan terhadap eks Anggota...

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Melorot Tiga Poin di 2020

JAKARTA - Transparency International Indonesia (TII) merilis skor Indeks Persepsi Indonesia (IPK) 2020 mencapai angka 37. Capaian tersebut menurun dari IPK Indonesia pada 2019...

Inul Daratista Akui Punya ‘Berondong’, Lagi Bermasalah dengan Adam Suseno?

JAKARTA - Pedangdut Inul Daratista membuat pengakuan yang cukup menghebohkan publik. Baru-baru ini, Inul membagikan sebuah video yang mengungkapkan jika dirinya kini sedang memiliki...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News