Arthur Hengkang, Setien Meradang

TURIN – Kepindahan Gelandang Barcelona Arthur Melo senilai GBP 72,5 juta (Rp1,2 triliun) dari Barcelona ke Juventus mulai menjadi kenyataan. Pada Minggu (28/6) dini hari WIB, pemain asal Brasil itu tiba di Bandara Cassele Torino. Di depan pintu bandara, Para Juventini -yang sudah menunggunya sejak sore- telah menyambutnya bersama para petinggi Juventus.

Dari info yang dilansir dari Football Italia, Melo akan melakukan tes kesehatan di Juventus Medical klub. Meskipun mendarat hampir tengah malam, sejumlah penggemar dan media yang berkumpul di bandara tak kecewa bisa mengabadikan kedatangan pemain termahal dibawah nahkoda Maurizio Sarri tersebut.

Meski Arthur beberapa kali menyampaikan masih betah bersama Barcelona, tetapi negosiasi yang alot membuatnya rela terbang ke Juventus dan mengikuti rangkaian tes medis untuk menyelesaikan kontrak tersebut. Arthur dikabarkan akan mendapatkan gaji 7 juta Euro per tahun termasuk bonus kinerja.

Hengkangnya Melo ke Juventus membuat sang ibu Melo, Lucia Mello menyalahkan bos Barcelona Quique Setien. Arthur yang diboyong dari Gremio dengan harapan tinggi pada 2018, tetapi gagal mencapai sasarannya di Camp Nou. Ia semua diawali dari komentar Setien yang dianggap meremehkan kemampuan putranya di lapangan hijau. “Arthur bukan pemain pertama atau yang terakhir menandatangani klub dengan harapan tinggi yang tidak membuahkan hasil,” kata Setien kepada wartawan dilansir dari Marca.

“Mungkin dia kurang memiliki kontinuitas. Tidak mudah untuk mengubah hal-hal yang pelatih lain telah katakan kepadanya baik, seperti memegang bola ketika kita ingin memainkan dua sentuhan. ”

Komentar nyinyir tersebut membuat Lucia murka. Dalam akun Twitter-nya, Lucia mengatakan, bahwa anaknya telah salah memilih tim. “Oh Tuhan! Sekarang mereka (Barcelona) mulai mencari-cari kelemahan dan kekurangan pemain,” kata Julia melalui akun Twitter pribadinya, Sabtu (27/6) lalu

Meski demikian, Melo masih menjadi pemain Barcelona sampai akhir musim alias 30 Juni mendatang. Itu artinya, Melo dipastikan tidak akan membela Blaugrana saat turnamen Liga Champions berlanjut. Termasuk Miralem Pjanic.Ya, gelandang asal Bosnia pada tempat dan waktu yang sama juga akan menjalani tes medis sebelum bergabung ke Barcelona. Pjanic dalam waktu dekat akan terbang ke Barcelona. Artinya, kedua pemain tersebut akan membela tim berbeda pada sisa leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions.

Seperti diketahui, sisa Liga Champions 2019-2020 akan digelar pada bulan Agustus 2020. Nantinya, sisa pertandingan akan dituntaskan selama tiga pekan di bulan tersebut.Sejauh ini, terdapat sisa leg II babak 16 besar yang belum dimainkan, yakni Juventus vs Lyon, Barcelona vs Napoli, Bayern Munich vs Chelsea dan Real Madrid vs Manchester City yang akan diselenggarakan pada 7-8 Agustus 2020.

Ada kekecewaan bahwa Arthur tidak dapat memperkuat perannya dengan Barcelona. Melepas Arthur ke Juventus bisa memberi sedikit dana segar untuk Barcelona. Walau nantinya sebagian besar transfer akan dibayar dengan Miralem Pjanic, Barcelona tetap melakukan bisnis yang baik pada bursa transfer New Normal ini.

Di sisi lain, Barcelona masih mendapatkan Miralem Pjanic. Ya, meski mendapat pemain di usia 30, Pjanic masih bisa bermain di level tinggi dalam tiga tahun ke depan. Namun, perlu dicatat, para gelandang Barcelona juga berusia di atas 30 selain Frenkie de Jong. (fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here