COVID-19, Sarung Tangan Sebagai Pengingat

Covid-19
Ilustrasi: Pixabay

JAKARTA – COVID-19 adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh terinfeksinya seseorang, oleh virus corona lewat droptlet saat bersin atau batu, oleh mereka yang positif corona

Akan tetapi, potensi penularan yang disebarkan lewat tangan, lantaran kebiasaan orang yang kerap menyentuh area wajah mereka, entah mengucek mata, mengusap wajah dan masih banyak lainnya, setelah menyentuh area tertentu yang terinfeksi, adalah salah satu alasan mengapa penularan COVID-19 adalah sesuatu yang masif. 

Baca Juga: Update Situasi Covid-19 di Indonesia Kamis, 25 Juni 2020

Di sinilah fungsi penggunaan sarung tangan muncul, akan tetapi fungsinya sendiri lebih banyak kepada pengingat bahwa menyentuh wajah, terlebih di masa sulit ini, adalah sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan sesukanya. 

“Triknya adalah untuk mengingat bahwa funsi dari sarung tangan, adalah untuk tetap menjaga kedua tangan Anda tetap bersih,” kata Jill Grimes, MD dari University of Texas, seperti dikutip Health.

Selain itu, lanjut dia, cara Anda melepaskan sarung tangan secara benar, juga tidak kalah penting dalam upaya untuk menurunkan risiko terpapar Sars-CoV-2 itu.

Baca Juga: Seluruh RS Polri Bisa Jadi Rujukan COVID-19

Dan seperti pada umumnya mereka yang beraktifitas tanpa sarung tangan, Anda yang menggunakan sarung tangan untuju tujuan di atas, tetap dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan sabun, dan membilasnya dengan air setidaknya selama 20 detik setelah penggunaan, atau menggunakan sanitizer sebagai alternatif.(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here