Hampir Semua RTH Kurang Fasilitas

Aktifitas warga bermain di RTH Kalijodo, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Sempat dikabarkan tidak terawat pada 2018, kondisi ruang terbuka hijau (RTH) dan RPTRA Kalijodo sekarang sudah mulai teratur. Pantauan CNBC Indonesia di lokasi, tidak tampak ada kerusakan dari sarana ataupun area di sekitar RTH dan RPTRA. Taman-taman terlihat terawat dan bersih. Arena skateboard yang rusak dan memiliki lubang-lubang pun terlihat sudah ditambal oleh petugas RTH. Sore ini juga tampak keramaian dari warga yang sedang melakukan kegiatan mereka di sana. FOTO: Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

PURWOKERTO – Ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah Banyumas, mulai bertambah di setiap daerah. Namun, beberapa di antaranya masih kekurangan fasilitas.

Kepala Seksi Pengelolaan RTH Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Antik Kusharyanti mengatakan, RTH yang belum lengkap fasilitasnya di area perkotaan Purwokerto ada di Taman Satria Berkoh dan Taman Pangripta Kranji. Pihaknya pun sudah merencanakan untuk menambah fasilitas, tetapi adanya pandemi covid19 harus tertunda.

“Setelah pandemi ini, kami akan ajukan anggaran lagi, karena anggaran sekarang dialokasikan untuk menangani covid19,” katanya.

Adapun fasilitas umum yang belum lengkap di RTH, di Pangripta Kranji. Tanamannya dan permainan anak belum lengkap. Sementara ini baru ada jogging track dan beberapa permainan anak.

Dan di Taman Satria Berkoh, yang juga kurang permainan anak, tempat duduk, serta masih minim penerangan.

Antik menambahkan, saat ini hanya dilakukan pemeliharaan ganti rumput Alun-Alun Purwokerto, pengiriman tanaman, pangkas pohon, dan gunting ilalang rumput. (ely)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here