Kerugian Banjir Rob Cilacap Capai Miliaran Rupiah

Suasana Hari Ke Dua Pasca Banjir di Tangerang- FAJAR INDONESIA NETWORK
FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

CILACAP – Beberapa wilayah pesisir di Cilacap mengalami banjir rob akibat laut pasang hampir sepekan ini, Kamis (28/5).

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy, kerugian akibat banjir rob tersebut mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian mencapai Rp 34.344.250.000,” kata Tri Komara.

Dikatakan, fenomena tersebut masih akan terjadi sehingga masyarakat pesisir pantai dihimbau untuk tetap waspada.

“Kondisi tersebut di karenakan adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir atau rob,” jelasnya.

Sejumlah wilayah terdampak yakni Pantai Tegalkamulyan Kelurahan Tegalkamulyan, Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan. Kelurahan Kutawaru Kecamatan Tengah, Kelurahan Tritihkulon dan Kelurahan Karangtalun Cilacap Utara, Desa Ujunggagak, Ujungalang dan Panikel Kecamatan Kampunglaut.

Selanjutnya, di wilayah Cilacap Timur, Pantai Sodong, Dusun Karangnangka Desa Adiraja Kecamatan Adipala, serta Pantai Jetis Kecamatan Nusawungu.

Di wilayah Cilacap Barat, berdampak di Desa Grugu, Desa Ujungmanik dan Desa Babakan Kecamatan Kawunganten. Desa Binangun Kecamatan Bantarsari serta Desa Rawaapu Kecamatan Patimuan.

“Dampaknya bermacam-macam. Akibatnya ribuan rumah warga tergenang, beberapa titik tanggul kritis, kantor kecamatan dan puskesmas ikut tergenang, area persawahan dan tambak warga juga ikut tergenang. Selain itu di wilayah pantai beberapa warung dan area parkir rusak akibat air laut yang naik,” jelas Tri Komara.

Tri menyampaikan, pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi kejadian dan melakukan assesment bersama Forkompimcam dan dinas terkait. Selain itu, penanganan darurat bersama relawan juga telah dilakukan.

“Kita sudah mendata dan menginvetarisir kerusakan dan kerugian akibat kejadian bencana. Untuk tanggul yang rusak juga sudah diberikan bantuan karung plastik untuk penanganan tanggul kritis di Pantai Tegalkamulyan,” kata dia. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here