Gairah Lionel Messi

BARCELONA — Superstar Barcelona, Lionel Messi begitu bergairah menyongsong bergulirnya kembali La Liga. Kapten Raksasa Catalan tersebut menegaskan ia sudah tak sabar ingin kembali berkompetisi.

PANDEMI virus corona memaksa La Liga dihentikan sementara sejak Maret lalu. Dan seiring mulai terkendalinya situasi, pihak La Liga sudah mengumumkan bahwa Liga Spanyol akan kembali dilanjutkan Juni mendatang.

Sejak dua pekan lalu, seluruh pemain sudah kembali berlatih. Meski sejauh ini jadwal pertandingan baru belum dirilis, Messi mengatakan dirinya sangat antusias menyambut pertandingan pertama Barcelona yang kemungkinan besar berlangsung pada 12 Juni di markas Real Mallorca.

“Kami tidak bisa memikirkan apa yang akan kami lewatkan tahun ini. Lebih baik memikirkan masa depan. Seperti kembali ke latihan sehari-hari, melihat rekan satu timmu, memainkan beberapa pertandingan pertamamu. Tidak diragukan itu akan terasa aneh pada awalnya, tapi aku berharap untuk berkompetisi lagi,” kata Messi di situs Adidas seperti dikutip dari AFP.

Seperti halnya Bundesliga Jerman yang sudah bergulir kembali Mei, La Liga juga akan dihelat tanpa penonton. Bagi Messi, itu akan menjadi tantangan sendiri dan setiap pemain harus siap secara mental.

“Persiapan di level skuat sama dengan untuk pertandingan lainnya, tetapi memang benar bahwa secara individu Anda harus berlatih dan bersiap secara mental untuk bermain tanpa penonton karena itu sangat aneh,” jelasnya.

“Saya harus melakukannya untuk pertandingan kandang, dan itu benar-benar seram. Tapi itu normal bahwa liga akan dilanjutkan dengan cara ini setelah semua yang kita lalui. Dengan semua yang terjadi di dunia, itu sangat bisa dimengerti,” kata Messi di Golazo Argentino.

Pemain kelahiran Rosario itu mengatakan, pandemi global ini sangat mengejutkan. Dan menurutnya, hidup atau bekerja dengan begitu banyak ketidakpastian tidak pernah mudah. Terutama ketika dihadapkan pada situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Untuk setiap pemain sepak bola, sangat penting untuk tetap fokus saat Anda menyentuh lapangan. Ada yang mengatakan kekuatan mental ini adalah 40, 50, atau bahkan 60%. Saya kira itu juga tergantung pada masing-masing pemain. Tapi saya pikir itu sangat penting, dan saya melihat fokus yang berkembang pada persiapan semacam ini di dunia olahraga profesional,” jelas Messi.

Barcelona memimpin klasemen dengan keunggulan dua angka atas musuh bebuyutannya, Real Madrid. Namun, Messi memastikan situasinya akan seperti memulai musim dari awal. “Ini akan seperti memulai dari awal. Secara teknis itu akan menjadi musim yang sama, tetapi saya pikir semua tim dan pemain akan mengalaminya secara berbeda,” ujarnya.

“Kami akan punya waktu untuk bersiap-siap sebelum liga dimulai, dan kami juga akan mendapatkan kembali pemain kunci di tim kami yang cedera. Secara teknis masih akan menjadi musim yang sama, tetapi saya pikir setiap tim dan pemain akan merasakan perbedaan,” lanjutnya.

Musim panas ini, Messi bisa fokus sepenuhnya membantu Barcelona di La Liga dan Liga Champions. Itu setelah Copa America 2019 yang rencananya digelar di Argentina dan Kolombia ditunda hingga Juni dan Juli tahun depan.

Menurut Messi, dirinya sedikit kecewa dengan penundaan tersebut. Hanya saja, itu kata dia merupakan opsi terbaik di tengah merebaknya COVID-19. “Menunda Copa America adalah kekecewaan besar, tetapi tentu saja itu masuk akal dan paling logis,” kata kapten Argentina tersebut.

Tidak seperti di klub, Messi belum mempersembahkan satu pun gelar untuk negaranya di level senior. Prestasi terbaiknya hanya meraih gelar Piala Dunia U-20. Makanya, ia mengakui perhelatan Copa mendatang akan sangat besar artinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here