Setelah Kehilangan Pekerjaan, Pemuda Ini Justru Tuai Hoki dengan Takjil Sehat

Seorang pemuda penjual takjil sehat di kawasan Jalan Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Selatan. Foto: Kalbe for FIN

JAKARTA- Keadaan sulit akibat kehilangan mata pencaharian, bukan berarti hidup akan ikut suram. Setidaknya itulah yang dialami seorang pemuda penjual takjil sehat di kawasan Jalan Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Setelah kehilangan pekerjaannya di sektor pariwisata, pemuda ini banting setir dengan menjajakan takjil sehat yang berbahan baku Fitbar, snack sehat yang terbuat dari Oat, Quinoa dan Whole Wheat yang merupakan sumber serat. Serta Fitbar bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

Aksi kreatifnya ini menarik perhatian seorang netizen yang kemudian mengunggahnya dalam bentuk video ke jejaring sosial Instagram. Postingan ini menjadi viral dan beredar di media sosial setelah di-repost oleh akun Instagram @lambe_turah.

Video tersebut memperlihatkan seorang pemuda menggunakan signage Korban PHK tengah berjualan takjil sehat menggunakan sepeda motornya. Cerita ini pun menuai beragam komentar dari para warganet. “Semoga setelah di PHK rezekinya makin lancar mas, dimudahkan dlm segala urusan, di ganti dg yg lebih sm Allah.” komentar akun @asdhgjklj. “Semoga berkah selalu untuk kita semua yg masih mau untuk terus berusaha.” ujar akun @oboygusnandar.

Hingga 23 Mei 2020, postingan akun @lambe_turah tersebut telah dilihat hampir 3 juta kali dan disukai lebih dari 245.000 ribu pengguna Instagram dan memancing ratusan netizen untuk mention ke akun Instagram @fitbar.official, sehingga postingan ini menarik perhatian tim KALBE Nutritional yang memproduksi Fitbar.

Tim KALBE Nutritional pun menginvestigasi keberadaan korban PHK tersebut. Lalu di hari terakhir Ramadan 1441 H lalu, tim KALBE Nutritional mendatangi pemuda tersebut dan memberinya kejutan berupa THR spesial Ramadan.

Momen spesial ini kembali diunggah oleh akun @lambe_turah pada 24 Mei 2020 malam dan hingga pagi ini (25/05) telah disaksikan dan di-like oleh ratusan ribu netizens.

Siapa sangka ya, kombinasi dari inisiatif kreatif plus berkah Ramadan, bisa menjadi jalan keluar yang menguntungkan, khususnya bagi anggota masyarakat yang terdampak COVID-19.

”Situasi serbasulit di tengah pandemi ini membuat orang untuk tetap kreatif secara positif dalam menjalani hidup lebih sehat, apalagi dalam menentukan apa yang perlu dikonsumsi tubuh jadi sangat penting. Itu sebabnya usaha penjual takjil sehat pada bulan Ramadan merupakan suatu ide yang luar biasa. Kami sungguh mengapresiasi akan hal ini. Hal semacam ini diharapkan dapat menginspirasi khalayak luas untuk menjalani hidup yang lebih sehat,” terang Head of Corporate Media Relations di KALBE Nutritionals Denny Gunawan.

Pandemi virus corona yang terjadi di Indonesia tak hanya berakibat pada sektor kesehatan, tapi juga perekonomian, ini membuat sejumlah perusahaan terpaksa merumahkan karyawan hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dari data yang dilansir Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta, hingga 11 Mei 2020, sebanyak 39.664 perusahaan dengan 323.224 tenaga kerja terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Di mana sebanyak 6.785 perusahaan melakukan PHK dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 50.891. Sementara itu, terdapat 32.882 perusahaan yang merumahkan karyawan sebanyak 272.333 orang. (wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here