News

Batangasai Kembali Longsor

fin.co.id - 20/05/2020, 05:15 WIB

Pesawat milik maskapai Citilink terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Bandara Sam Ratuangi, Manado, Sulawesi Utara

SAROLANGUN - Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Sarolangun dalam beberapa hari terakhir membuat bencana longsor kembali terjadi di Batang Asai, Sarolangun.

Termasuk Senin kemarin (18/6). Hujan deras disertai angin kencang menimbulkan masalah bagi warga.

"Ya, jalan arah Batangasai longsor, posisinya di Bukit Rayo,"kata Kapolsek Batangasai, Iptu Ebon Lingga.

"Sekarang saya dan anggota beserta masyarakat lagi gotong royong membersihkannya secara manual," tambahnya.

Kapolsek mengatakan, longsor yang terjadi itu membuat akses jalan terputus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

"Berapa hari ini, curah hujan cukup tinggi sehingga longsor ini terjadi. Dan untuk saat ini, untuk roda empat belum bisa lewat," pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang disampaikan oleh pihak BMKG melalui BPBD Kabupaten Sarolangun, bahwa curah hujan diwilayah Kabupaten Sarolangun, diprediksi cukup tinggi.

“Kalau dari data yang disampaikan oleh pihak BMKG untuk wilayah Sarolangun beberapa hari ini curah hujan diprediksi cukup tinggi,” kata Trianto Kepala BPBD Sarolangun.

Atas informasi tersebut, dia meminta agar masyarakat yang berada diwilayah bantaran sungai Batang Asai, Limun, Tembesi dan aliran Sungai kecil lainnya, diminta untuk tetap waspada.

“Kita minta agar masyarakat waspada terutama yang bermukim di bantaran sungai, tidak hanya persoalan banjir saja namun musim penghujan juga kerap terjadi longsor,”ujarnya.

Namun katanya, sejauh ini untuk kesiapan personil tidak ada kendala, namun dia meminta agar masyarakat terus siap dan siaga.

“Untuk personil kita tidak ada kendala dan siap siaga, namun masyarakat juga demikian harus tetap siaga juga,” tandasnya. (hnd)

Admin
Penulis
-->