Jenderal Polisi Bakal Isi Jabatan Penting KPK

JAKARTA – Proses seleksi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyisakan tiga kandidat. Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Karyoto, Wakapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Brigjen Rudi Setiawan, dan Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen Agus Nugroho berhasil lolos dari tahap tes kesehatan dan menjalani wawancara.

Mantan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji menilai dari ketiga kandidat yang lolos, Brigjen Karyoto cocok mengisi pos Deputi Penindakan. Ia mengaku mengenal sosok jenderal bintang satu tersebut lantaran pernah menjabat sebagai Kasatgas Penyidikan KPK pada 2007 silam.

“Saat keberadaan Karyoto di KPK, memang beliau salah satu penyidik dari satgas yang terbaik, integritas dan kapabelitasnya menjadi atensi kelembagaan,” ujar Indriyanto ketika dihubungi, Selasa (7/4).

Indriyanto menyatakan, Brigjen Karyoto merupakan salah seorang penyidik mumpuni dari satgas penyidikan terbaik di lembaga antirasuah. Selain itu, menurut dia, kemampuan Brigjen Karyoto kala menangani kasus pun cukup baik.

Tak hanya itu, kata Indriyanto, Brigjen Karyoto juga dianggap memiliki hubungan yang baik dengan rekan sesama satgas. Sehingga bila terpilih sebagai Deputi Penindakan KPK akan memudahkan koordinasi.

“Kerja sama antra tim maupun antara satgas tim juga menunjukan kemampuan menangani kasus-kasus penindakan dengan prediktabilitas yang cukup penuhi sasaran,” ucapnya.

Kendati demikian, Indriyanto tak menampik kelayakan dua kandidat lain yang juga lolos ke tahapan selanjutnya. Ia menyebutkan, keseluruhan kandidat memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk mengisi pos Deputi Penindakan KPK.

Ia pun berharap, proses pemilihan Deputi Penindakan KPK bisa segera dirampungkan agar prosedur penanganan perkara bisa berjalan lebih baik. “Semoga memang jabatan Deputi Penindakan dapat segera terisi agar semua prosesual pro justitia dapat diselesaikan segera di KPK,” tutup Indriyanto.

Untuk diketahui, ketiganya berhasil menyingkirkan masing-masing empat jaksa dan polisi lainnya yang turut mengikuti tahapan seleksi tersebut.

Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri menuturkan, tes kesehatan dilakukan pada Kamis (2/4) lalu. Saat ini, proses seleksi tengah memasuki tahap uji makalah, presentasi, dan wawancara.

“Pimpinan KPK melakukan uji makalah, presentasi dan wawancara terhadap calon Deputi Penindakan terhadap tiga orang kandidat tersebut,” kata Ali Fikri.

Selain Deputi Penindakan, Ali Fikri menerangkan KPK juga tengah melakukan seleksi terhadap tiga jabatan struktural lainnya. Antara lain Deputi Informasi dan Data, Direktur Penyelidikan, dan Kepala Biro Hukum.

Ia pun menyatakan KPK bakal memilih kandidat terbaik yang memiliki kapasitas dan kapabilitas serta mumpuni untuk empat jabatan tersebut. (riz/gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here