spot_img
29, September, 2021

MOTOGP: Dorna Akhirnya Turun Tangan

ROMA – Kemelut finansial yang dihadapi tim independen MotoGP akibat pandemi Covid-19 sudah di titik nadir. Beruntung, Dorna sebagai penyelenggara MotoGP akhirnya turun tangan mengatasi hal tersebut. Dorna menyiapkan dukungan keuangan bagi tim independen, termasuk seluruh tim Moto2 dan Moto3 yang terhenti usai gelaran musim ini ditunda tanpa batas waktu.

Dilansir dari GPone, Dorna menggelontorkan dana hingga EUR 4,5 juta atau setara Rp 79,6 miliar untuk mendongkrak keuangan tim independen. Dana tersebut dicairkan secara berjangka selama tiga bulan. Yakni, April, Mei, dan Juni mendatang. Lewat IRTA (asosiasi tim peserta), tim independen dapat menguangkannya tanpa harus menunggu musim balapan dimulai atau belum.

Ya, Organisasi yang dikomandoi Carmelo Ezpeleta sadar bahwa tim privater alias independen selama ini masih mengandalkan biaya dari sponsor dari setiap berlangsungnya balapan. Tanpa balapan, bisa-bisa neraca keuangan mereka memerah hanya untuk membayarkan gaji rider dan karyawan yang musim ini belum sekalipun race digelar lantaran pandemi virus korona yang semakin meluas. “Mereka akan mendapatkan bantuan EUR 250 ribu (Rp 4,4 miliar) setiap bulannya. Ini sebagai jaminan untuk mengamankan pendapatan mereka di masa depan,” tulis pernyataan resmi Dorna sebagaimana dikutip Crash. Sementara untuk tim Moto2 dan Moto3, Dornya menyiapkan EUR 25 ribu atau Rp 442 juta per pembalap.

Ya, MotoGP juga memiliki tim besar memerlukan dana besar. Sayangnya, Dorna tak memiliki subsidi untuk mereka. Mereka biasanya adalah tim pabrikan yang siap menggelontorkan dana sebesar apapun kemampuannya. Setelah menunda seri Jerez Spanyol, Dorna Sports kembali menunda seri MotoGP Perancis. Penundaan race di Sirkuit Le Mans, Prancis, yang sejatinya dihelat 17 Mei diumumkan oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, Kamis (2/4) kemarin. Dorna menyebut pihaknya belum menentukan jadwal ulang lomba di Spanyol maupun Prancis. Diketahui, kedua negara tersebut merupakan yang terparah setelah Italia.

Selama ini, tim privater alias independen hanya mengandalkan biaya sponsor dari setiap balapan serta hadiah uang tunai dari perolehan poin. Di kelas premium MotoGP, ada enam tim independen. Yakni, LCR-Honda, Petronas-Yamaha, Pramac-Ducati, Avintia-Ducati, Tech 3-KTM, dan Gressini-Aprilia.

’’(Bantuan) ini bisa menjamin kondisi keuangan tim independen dan staf mereka agar tetap aman. Sekaligus memberi kepastian terhadap keberlangsungan pemasukan mereka di masa depan.’’ Demikian pernyataan resmi Dorna. (dbs/fin/tgr)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer