Jam 4 Subuh, Wabup Sidoarjo Bantu Kubur Jenazah Pasien Covid-19

FOTO: Tangkap Layar Video Pemakaman

SIDUOARJO– Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin ikut serta dalam proses penguburan jenazah pasien covid-19.

“Dini hari menjelang subuh tadi, saya ikut memakamkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Saya turut berduka sedalam-sedalamnya dan semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Amin.” Tulis Nur dalam caption video yang dia unggah di akun instagram miliknya

Nur mengatakan, pasien yang meninggal tersebut merupakan warga Surabaya namun berdomisili di Surabaya. Jenazah terpaksa harus secepatnya disemayamkan.

“Kami menghubungi pihak Dinkes Surabaya, dan dikarenakan waktu yang terlalu malam, mereka belum siap untuk menangani. Sedangkan pasien Covid sebelum 4 jam harus sudah dikuburkan.” Ujarnya.

Namun, para penggali kubur juga enggan untuk ikut serta. Mereka khawatir tertular. “Awalnya pemakaman terkendala karena penggali kubur tidak mau ikut menurunkan dan memakamkan jenazah. Mereka bergegas mandi dan langsung pergi. Saya paham akan kekhawatiran yang dirasakan.” Katanya

“Mau tidak mau, saya yang harus mendatangi mereka dan memberi keterangan bahwa kami membutuhkan bantuannya. Pemakaman aman karena kita menjalankan SOP yang berlaku.”

“Hingga harus meyakinkan bahwa saya sendiri juga ikut bersama-sama memakamkan jenazah tersebut, dan alhamdulillah mereka mengerti dan mau. Jadilah 5 orang yang ikut menurunkan jenazah tersebut yaitu saya, ketiga penggali, dan dr. Atok.” Jelas Nur.

Di kesempatan tersebut, dia mengajak masyarakat yang akhir-akhir ini merasakan kekhawatiran, agar tidak cemas berlebihan. “Tidak panik dan optimis bahwa ujian ini akan segera berlalu.” Pungkas dia. (dal/fin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here