Hadapi Corona, Donald Trump Kucur Dana Rp32 Ribu Triliun untuk Rakyat AS

Presiden AS Donald Trump dinyatakan negatif corona setelah bertemu dengan rombongan Presiden Brasil. Foto: AFP/Brendan Smialowski.

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menandatangani paket bantuan untuk penyelamatan ekonomi senilai $ 2,2 tirliun atau sebesar Rp32 ribu triliun. Besarnya bantuan ini merupakan yang pertama dalam sejara Amerika Serikat

“Saya menandatangani satu paket bantuan ekonomi terbesar dalam sejarah Amerika. Ini akan memberikan pertolongan yang sangat dibutuhkan bagi keluarga, pekerja, dan bisnis bangsa kita, dan itulah masalahnya,” Donald Trump, seperti dikutip Asosiasi Pers (AP), Sabtu (28/3)

Sebelumnya, rancangan UU itu melewati beberapa persetujuan di DPR. Mereka memberikan suara dukungan bulat yang berapi-api. Banyak anggota parlemen melaju ke Washington untuk berpartisipasi langsung. Senat melakukan voting dan akhirnya menyetujui secara bulat (96 vs 0) RUU tersebut setelah berhari-hari berdiskusi dengan alot. Draft setebal 880 halaman itu kemudian disetujui oleh ketua DPR AS, Nancy Pelosi.

“Hari ini kita semua mengakui negara kita menghadapi keadaan darurat ekonomi dan kesehatan dalam proporsi bersejarah,” kata Ketua DPR Nancy Pelosi, D-Calif. Dia mengatakan orang Amerika layak mendapat tanggapan penuh dari pemerintah untuk mengatasi ancaman covid-19 terhadap kehidupan dan mata pencaharian warga Amerika.

Kucuran $ 2,2 triliun itu, diantaranya nanti akan diberikan secara langsung ke warga Amerika yang hidup sendiri akan diberikan oleh pemerintah sebesar US$1.200 atau Rp19,2 juta. Memberikan tunjangan bagi mereka yang telah di-PHK oleh perusahaan, memberikan warga pinjaman untuk membuka bisnis besar atau kecil, hibah dan keringanan pajak.

Dilansir CNN Internasional, kucuran bantuan ini juga akan diberikan kepada mereka yang sudah menikah mendapat US$2.400 atau Rp38,4 juta dan anak-anak di bawah usia 17 tahun mendapat US$500 Rp8 juta. Sementara Untuk mereka yang berpendapatan di atas US$99 ribu Rp1,5 miliar, tidak akan mendapat bantuan.

Selanjutnya ada dana bantuan untuk Rumah Sakit dan tenaga medis. Mereka akan dikucurkan dan sebesar US$117 miliar untuk meningkatkan pelayanannya. Selanjutnya Dana Bantuan untuk Supplai Makanan
Unang sebanyak US$450 juta disiapkan untuk program bantuan darurat ketersediaan makanan. Rinciannya, US$350 juta untuk membeli bahan makanan pokok dan sisanya untuk proses distribusi.

“RUU ini bukan hanya paket penyelamatan, ini adalah komitmen – komitmen bahwa pemerintah Anda, dan orang-orang yang Anda pilih untuk melayani Anda, akan melakukan segala yang kami bisa untuk membatasi bahaya dan kesulitan yang Anda hadapi, baik sekarang dan di masa mendatang, ”Kata Pemimpin Minoritas Kevin McCarthy, R-Calif. (dal/fin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here