Bursa Transfer Musim Panas Diperpanjang

Logo FIFA. (Reuters)

JAKARTA – Federasi Sepak Bola Internasional, FIFA dikabarkan berencana memperpanjang bursa transfer musim panas ini hingga akhir Desember 2020. Rencana itu dilakukan untuk mengantisipasi molornya liga karena Covid-19.

Penyebaran virus Corona menyebar begitu cepat, saat ini menyentuh angka 558,502 kasus di seluruh dunia. Pandemi tersebut membuat liga-liga sepakbola di Eropa harus ditangguhkan hingga awal Mei untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Meski begitu, kepastian liga akan kembali bergulir masih simpang siur hingga kini. Mengingat, beberapa negara di Eropa terdampak cukup besar Virus Corona.

Jadwal liga berpeluang besar akan molor kembali. Masalah transfer dan kontrak pemain berpeluang menyeruak akibat hal ini.

Pasalnya, kompetisi liga-liga di Eropa musim ini belum tentu berakhir ketika bursa transfer musim panas dibuka 1 Juni mendatang. Untuk mengantisipasi situasi ini, FIFA dilaporkan akan memperpanjang penutupan transfer.

Menurut L’Equipe, FIFA ingin bursa transfer musim panas yang biasanya berakhir di awal September diperpanjang hingga akhir Desember. Hal serupa juga berlaku terhadap kontrak pemain.

Pemain yang kontraknya di klub berakhir Juni ini diwajibkan tetap bersama klub mereka saat ini hingga kompetisi musim ini berakhir.

Langkah ini tengah disusun FIFA agar nantinya tak ada klub yang harus kehilangan pemain sebelum liga benar-benar tuntas. (der/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here