Pandemi Corona, Ragam Makanan Sehat Ini Bagus untuk Dikonsumsi

Ilustrasi. Foto: Bold Business

JAKARTA – Demi menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar di tengah pandemi corona, kita dianjurkan untuk tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari paparan COVID-19.

Untuk makanan sehat, memang makanan ini cenderung tidak selalu terlihat menarik dengan citarasa yang mungkin kurang enak di lidah. Namun, kita bisa memodifikasi makanan tersebut menjadi hidangan yang nikmat untuk disantap.

Beruntung, makanan sehat itu tak hanya sekadar sayuran saja. Masih banyak jenis makanan lain yang menjadi favorit dan menyehatkan, seperti buah-buhan serta biji-bijian.

Seperti dilansir Healthline pada Jumat (27/3/2020), berikut berbagai makanan sehat yang dapat kita konsumsi selama pandemi corona:

Buah
Buah-buahan banyak menjadi favorit. Buah-buahan sudah dikenal kaya vitamin.

1. Apel
Apel kaya serat, vitamin C, dan banyak antioksidan. Apel dapat dijadikan camilan sempurna jika merasa lapar di antara waktu makan.

2. Alpukat
Alpukat berbeda dari kebanyakan buah karena sarat ,lemak sehat, bukan karbohidrat. Tidak hanya bentuknya yang lembut dan seperti krim dan enak tetapi juga tinggi serat, kalium, dan vitamin C.

3. Pisang
Pisang satu di antara sumber kalium terbaik di dunia. Pisang tinggi vitamin B6 dan serat, juga sangat mudah untuk ditemukan.

4. Blueberry
Blueberry tidak hanya lezat, tetapi juga di antara sumber antioksidan paling kuat di dunia. Buah ini bisa disajikan sebagai cemilan atau makanan pencuci mulut.

5. Jeruk
Jeruk terkenal karena kandungan vitamin C. Terlebih lagi, jeruk kaya akan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

6. Strawberi
Strawberi sangat bergizi dan rendah karbohidrat dan kalori sehingga memakanya akan meningkatkan kesehatan dan stamina pada tubuh.

Daging
Daging adalah satu di antara sumber protein yang sangat tinggi. Jika diolah secara tepat, daging merupakan jenis makanan yang sangat menyehatkan.

7. Daging sapi tanpa lemak
Jenis daging ini satu di antara sumber protein terbaik yang ada dan sarat zat besi. Memilih daging dengan sedikit lemak cukup baik jika Anda sedang melakukan diet rendah karbohidrat.

8. Dada ayam
Dada ayam sangat rendah lemak dan kalori, tetapi sangat tinggi protein. Jenis daging ini adalah sumber nutrisi yang bagus. Bagian dada juga merupakan bagian ayam yang paling sehat daripada bagian lainnya.

9. Kambing
Anak domba biasanya diberi makan rerumputan, dan biasanya menghasilkan daging yang cenderung tinggi asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Meski tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan ini renyah, mengenyangkan, dan sarat akan nutrisi penting yang banyak orang tidak dapatkan, termasuk magnesium dan vitamin E. Jenis makanan ini juga tidak perlu banyak persiapan untuk menikmatinya.

10. Almond
Kacang almond, kacang lezat yang sarat dengan vitamin E, antioksidan, magnesium, dan serat. Studi menunjukkan bahwa almond dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

11. Biji chia
Biji yang satu ini menjadi satu di antara makanan paling padat nutrisi di dunia. Satu bungkus biji chia dengan berat 11 gram mengandung serat dan sejumlah besar magnesium, mangan, kalsium, dan berbagai nutrisi lainnya.

12. Kelapa
Kelapa mengandung serat dan asam lemak kuat yang disebut trigliserida rantai menengah (MCT). Jenis makanan ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk masakan dan menyehatkan bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here