Hindari Empat Makanan yang Bisa Ganggu Pencernaan

JAKARTA – Tubuh manusia memang dapat menampung makanan dalam jumlah cukup banyak. Namun, terlalu mengonsumsi makanan yang berlebihan juga bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Gangguan pencernaan bisa menyebabkan seseorang tak nafsu makan karena rasa sakit pada perut. Penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan di antaranya kembung, sembelit, diare hingga muntah-muntah.

Melansir Cleveland Clinic, ahli kesehatan Michael Roizen MD mengatakan, untuk menjaga sistem pencernaan agar tak terganggu, sebaiknya memilih makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Menurutnya, ada empat penyebab makanan yang dikonsumsi bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan manusia. Apa saja?

1. Makanan mentah

Bakteri dari makanan mentah dapat menyebabkan seseorang keracunan. Makanan ini bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Untuk itu, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi biji-bijian utuh atau sayuran yang dimasak. Hal ini untuk menambah serat dan bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa memicu rasa mulas di perut. Bila hal ini sudah terjadi, disarankan untuk memasukkan lebih banyak jahe ke dalam makanan.

Meski belum terbukti secara ilmiah, jahe dipercaya sebagai salah satu obat tradisional yang bisa membantu perut mengosongkan tubuh dengan baik.

3. Produk susu

Vitamin D tidak hanya berasal dari produk susu seperti keju dan yoghurt. Salmon dan sayuran hijau merupakan penghasil vitamin D yang sama baiknya.

Namun, apabila suka dengan produk susu, sebaiknya mengonsumsi yogurt dengan tanpa tambahan gula atau lemak.

4. Makanan asam

Makanan asam tinggi seperti jeruk, tomat dan lemon dapat menyebabkan ketidaknyaman dan mengiritasi lapisan perut.

Untuk menetralisir, disarankan mengonsumsi buah apel, pisang atau sayuran yang kaya serat seperti asparagus dan bawang. (heq/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here