Angka Kecelakaan dan Kejahatan Turun

Ilustrasi

JAKARTA – Angka kecelakaan di wilayah hukum Polda Metro Jaya mengalami penurunan. Demikian juga tindak kriminalitas selama pemberlakuan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas menurun 10 persen sejak diberlakukan WFH pada 15-21 Maret dibandingkan sepekan sebelumnya.

“Jumlah laka sepekan sejak diberlakukan WFH menurun dibanding sepekan sebelumnya pada 8-14 Maret dari 126 menjadi 113 kejadian,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3).

Dijelaskannya, penurunan angka kecelakaan karena jumlah kendaraan yang melintas di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta berkurang secara signifikan. Penurunan jumlah kendaraan yang melintas sebesar 25 persen sejak WFH.

BACA JUGA: Gubernur Bilang Orang Miskin Kebal Virus Corona, Benarkah?

Sambodo menyebutkan volume kendaraan di jalur protokol Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin menurun hingga 25 persen sejak diberlakukan kerja di rumah sejak 15-21 Maret dibanding periode sama sebelumnya.

Volume kendaraan di Jalan Sudirman-Jalan Thamrin dari arah selatan ke utara (Sarinah-Ratu Plaza) sejak 15-21 Maret sebanyak 289.734 unit atau menurun 25,3 persen dibanding periode 8-14 Maret yang mencapai 387.935 unit.

Sedangkan, volume kendaraan dari arah utara ke selatan (Ratu Plaza-Sarinah) periode 15-21 Maret sebanyak 138.568 unit menurun 24,7 persen dibanding 8-14 Maret yang mencapai 184.119 unit.

Total volume kendaraan pada 15-21 Maret dari arah selatan ke utara atau sebaliknya 428.302 unit, sedangkan periode 8-14 Maret di jalur yang sama mencapai 572.052 unit.

“Jakarta lengang, terjadi penurunan yang signifikan di ruas jalan protokol,” ujar Sambodo.

Selain itu, data Ditlantas Polda Metro Jaya juga menunjukkan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Dalam Kota hingga Tol Soedyatmo mengalami penurunan hingga 56 persen pada Minggu (22/3) dibandingkan periode Minggu (15/3) sebelumnya.

“Adanya penurunan volume kendaraan harian pada hari Minggu yang melintasi Tol Dalam Kota-Tol Soedyatmo antara 45,9 persen hingga 56,5 persen,” tutur Sambodo.

BACA JUGA: PSG Rilis Jersey Khusus Edisi Terbatas

Tidak hanya kecelakaan, tindak kriminalitas juga mengalami penurunan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus berharap kondisi keamanan yang minim angka kriminalitas seperti ini akan terus bertahan di ibu kota.

“Ada penurunan baik dalam jumlah kejahatan dan juga laporan. Kita harapkan trend ini bisa bertahan dan terus menurun, sehingga ibu kota menjadi aman,” Yusri.

Kendati begitu, Yusri tak mengaku belum mengetahui pasti persentase penurunan angka kejahatan tersebut. Hanya, dia mengklaim bahwa semenjak adanya imbauan pemeirntah kepada masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah guna menekan potensi penyebaran pandemi Covid-19 angka kejahatan khususnya yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya mengalami penurunan.

“Tapi pastinya memang ada penurunan dan ini sedang kami hitung,” katanya.(gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here