Penuntasan Liga Spanyol Jadi Prioritas

MADRID – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memprioritaskan untuk menuntaskan kompetisi Liga Spanyol musim 2019/2020. Namun, belum ada kepastian soal kapan kompetisi akan bergulir kembali.

Liga Spanyol beserta kompetisi di seluruh Eropa saat ini tengah ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Otoritas sepak bola Spanyol telah menangguhkan kompetisi sejak 12 Maret lalu yang dijadwalkan berlaku selama dua pekan.

Akan tetapi, pada prosesnya RFEF dan pihak operator La Liga belum memastikan kapan kompetisi akan dilanjutkan lagi. Mereka menangguhkan Liga Spanyol tanpa batas waktu karena terus meningkatnya kasus corona di Negeri Matador itu.

Otoritas kesehatan Spanyol melaporkan kasus virus corona, hingga Kamis (26/3), mengalami peningkatan capai 47.610 kasus yang menyebabkan 3.434 korban jiwa. Spanyol pun menjadi salah satu negara Eropa paling terdampak setelah Italia.

BACA JUGA: Klub-klub Liga Spanyol Bisa Bernapas Lega

Lantaran hal tersebut, pemerintah Spanyol akan mengizinkan kompetisi dilanjutkan setelah situasi benar-benar kondusif. Penuntasan Liga Spanyol musim ini pun jadi prioritas RFEF, meski pihaknya belum tahu kapan kompetisi bergulir lagi.

“Di level olahraga, semua kompetisi ditangguhkan dan kami tak sedang memikirkan soal tanggal-tanggal atau membuat prediksi-prediksi. Ketika momennya tiba, dua hal itu akan dibahas, tapi kami tak akan menetapkan tanggal mulai sekarang,” kata Luis Rubiales, presiden RFEF dilansir Marca, Kamis (26/3).

“Ketika sepakbola kembali, ketika kehidupan masyarakat normal lagi, kita akan bicara. Kami bakal perlu memberikan para protagonis lapangan kemungkinan untuk bertarung di kondisi terbaik. Kami tak akan menguraikan soal jadwal,” imbuhnya.

RFEF sebelumnya telah menyiapkan dana 500 juta euro atau setara Rp8,89 triliun untuk klub-klub Liga Spanyol. Dana dalam bentuk pinjaman itu diberikan untuk menalangi kebutuhan klub akibat pandemi virus corona. (heq/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here