Klub-klub Liga Spanyol Bisa Bernapas Lega

MADRID – Klub-klub Liga Spanyol akhirnya dapat bernapas lega. Pasalnya, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menyiapkan dana 500 juta euro atau setara Rp8,89 triliun dalam bentuk pinjaman untuk menalangi kebutuhan klub akibat pandemi virus corona.

Seperti diketahui, kompetisi Liga Spanyol saat ini tengah ditangguhkan tanpa batas waktu karena pandemi virus corona. Dengan penangguhan itu membuat klub-klub otomatis kehilangan pemasukan dari hari pertandingan.

Hal ini menyebabkan klub-klub terancam sulit membayar gaji para pemain maupun tim ofisial. Untuk mencegahnya, RFEF membuat kebijakan baru dengan menyiapkan dana pinjaman yang bisa digunakan klub untuk sementara waktu.

RFEF menyediakan dana sebesar 500 juta euro atau setara Rp8,89 triliun untuk klub-klub peserta La Liga dan Segunda. Sedangkan untuk sepak bola non-profesional, disediakan dana 4 juta euro atau setara Rp71,1 miliar.

Selain itu, federasi juga menawarkan bantuan psikolog dan fisioterapis kepada pemerintah Spanyol dalam upaya melawan virus corona. Mereka juga menyumbangkan kamar-kamar hotel tim nasional untuk merawat pasien corona.

“Semoga kita dapat segera kembali pada titik normal di seluruh bidang. Kami bekerja semaksimal mungkin dalam territorial federasi untuk menyelesaikan masalah,” kata presiden RFEF Luis Rubiales dilansir Sky Sports.

“Kata-kata yang ingin kami minta kepada para korban, otoritas dan masyarakat secara keseluruhan adalah persatuan, harapan, ketelitian serta disiplin. Mari, bersama-sama kita akan mengalahkan virus ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, klub raksasa Liga Spanyol Barcelona bahkan ikut terdampak virus corona. Klub asal Catalunya ini pun menyiapkan opsi pemotongan gaji para pemain dan ofisial tim sementara sebagai solusi dari wabah virus mematikan itu.

Para pemain dan ofisial pun dikabarkan telah memahami kondisi tersebut dan memberikan lampu bagi klub untuk sementara memotong gaji mereka. Ketiadaan pertandingan membuat Barcelona mengalami masalah finansial di tubuh klub karena virus corona.

Hingga hari ini, Kamis (26/3), total jumlah kasus virus corona di Spanyol mencapai 47.610 kasus yang menyebabkan korban jiwa menembus angka 3.434. Dengan begitu, Spanyol jadi salah satu negara Eropa paling terdampak setelah Italia. (heq/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here