Beranda Bola FIFA Pertimbangkan Ubah Tenggat Waktu Transfer

FIFA Pertimbangkan Ubah Tenggat Waktu Transfer

- Advertisement -
- Advertisement -

ZURICH – Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA mulai pertimbangkan untuk mengubah tenggat waktu bursa transfer musim panas 2020. Ini terkait dengan ditangguhkannya seluruh kompetisi sepak bola akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Kompetisi sepak bola di seluruh dunia saat ini tengah ditangguhkan karena wabah corona, termasuk liga-liga Eropa. Konfederasi Sepak Bola Eropa atau UEFA beserta anggotanya sebelumnya telah sepakat mengakhiri kompetisi pada 30 Juni nanti.

Namun, persoalan lain muncul yakni soal tenggat waktu bursa transfer. Untuk mengatasi persoalan tersebut, FIFA akan menggelar pertemuan dengan UEFA yang membahas soal isu transfer.

Sejauh ini belum ada keputusan apakah bursa transfer musim panas nanti akan ditunda atau diperpanjang sampai bursa transfer selanjutnya. Kendati begitu, otoritas sepak bola Inggris FA sudah menjadwalkan bursa transfer di negaranya dibuka 10 Juni 2020.

Selain itu, dalam pertemuan FIFA dan UEFA nanti juga akan dibahas persoalan kontrak pemain. Juru Bicara FIFA mengatakan, pada 18 Maret lalu, biro dari Dewan FIFA membentuk FIFA-Confederasi Working Group dalam menanggapi Covid-19.

“Kelompok kerja ini akan menilai kebutuhan untuk amandemen atau dispensasi sementara terhadap aturan FIFA pada status dan transfer pemain. Ini untuk melindungi kontrak dari kedua pihak baik pemain maupun klub, menyesuaikan dengan periode registrasi pemain,” jelas FIFA dalam pernyataan yang dilansir dari Sky Sports, Kamis (26/3).

Pembahasan soal isu transfer sudah dimulai dan akan dikonsultasikan dengan semua pemangku kepentingan, termasuk konfederasi, anggota asosiasi, klub, liga dan pemain. UEFA juga saat ini telah membuat dua kelompok kerja untuk menilai dampak dari pandemi ini. (heq/fin)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru

[300x250]