Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur

JAKARTA – Bermain gadget sebelum tidur di malam hari ternyata dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Pasalnya, cahaya biru yang ditemukan pada gadget bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Hampir sebagian besar orang memilih untuk membuka ponsel atau menonton televisi sejenak untuk menghilangkan penat dari rutinitas seharian. Padahal, hal ini justru bisa membuat orang terpapar cahaya biru.

Melansir Cleveland Clinic, ahli spesialis jantung Leslie Cho, MD mengatakan, meskipun cahaya biru itu tidak membahayakan diri, namun bisa mengganggu kualitas tidur kita. Dengan terpapar cahaya biru tersebut, kita jadi bisa terbangun di malam hari.

“Tidur yang terfragmentasi telah terbukti meningkatkan peradangan dan menyebabkan tahap awal aterosklerosis. Orang yang sering terbangun di malam hari berisiko lebih tinggi mengalami fibrilasi atrium,” ujar Leslie Cho.

Hasil penelitian baru-baru ini menyebutkan, paparan cahaya buatan saat tidur bisa meningkatkan risiko terkena obestitas 33 persen pada wanita. Begitu pula, dengan cahaya biru dan cahaya putih dari lampu, memiliki dampak yang sama.

Meskipun, hal tersebut belum terbukti dengan jelas, namun penelitian lain menunjukkan bahwa cahaya biru bisa mengganggu tidur. Tentunya, seseorang yang terpapar cahaya biru akan menyebabkan sulit tertidur.

“Ketika Anda kurang tidur, Anda merasa perlu makan agar bisa tidur nyenyak. Ini menjelaskan hubungan dengan penambahan berat badan, serta peningkatan risiko pengembangan sindrom metabolik dan diabetes tipe dua,” imbuhnya.

Untuk itu, ia berpesan agar membiasakan diri dengan ruangan yang sunyi tanpa adanya cahaya maupun suara. “Ketika Anda melakukannya, Anda akan tidur lebih nyenyak dan, semoga, tetap sehat,” tukasnya. (heq/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here