Tes COVID-19 Negatif, Jangan Berpikir Anda Tak akan Tertular

Sterilisasi Pesawat Lion Air - FAJAR INDONESIA NETWORK
Petugas menyemprot pesawat Lion Air sebagai upaya menekan penularan virus corona. FOTO: FAISAL R SYAM /FAJAR INDONESIA NETWORK.

JAKARTA- Pemeriksaan cepat untuk mengidentifikasi kemungkinan terkena COVID-19 tidak menjamin bahwa seseorang yang bersangkutan tidak sakit. Hal ini dikatakan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

“Bisa saja pada pemeriksaan ini didapatkan hasil negatif pada orang yang sudah terinfeksi virus ini, tetapi respons serologi dan respons imunitasnya belum muncul,” katanya dalam Konferensi Pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Sabtu (21/3).

Kemungkinan tersebut, kata dia, dapat terjadi pada infeksi yang berlangsung di bawah 7 hari atau 6 hari kemudian dengan pemeriksaan yang sama.

Dia berharap siapapun tetap waspada meski hasil pemeriksaannya negatif dan tidak menunjukkan gejala-gejala sakit yang mengarah pada kemungkinan terkena COVID-19. Masyarakat diimbau untuk tetap melakukan pembatasan dengan mengatur jarak dalam konteks berkomunikasi secara sosial.

“Perlu dipahami betul bahwa hasil negatif tidak memberikan garansi bahwa tidak sedang terinfeksi COVID-19,” katanya.(wsa/fin/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here