Xbox Series X Lebih Bertenaga, PS5 Anti Klimaks?

JAKARTA – Sony telah mungungkapkan spesifikasi lengkap dari konsol terbarunya, PlayStation 5, lewat tangan Mark Cerny si arsitek. 

Namun sayang, bagi kubu Si Biru, apa yang ditawarkan Sony dari PS5-nya itu, jika dilihat di atas kertas, tidak lebih bertenaga dari apa yang ditawarkan Xbox Series X (XSX) milik Microsoft. 

Hal ini terlihat dari kecepatan CPU yang ditawarkan kubu Si Hijau, yang meski sama-sama menggunakan 8x Zen 2 Cores, namun di-clocked lebih  cepat dari apa yang dimiliki PS5. 

Tidak hanya itu, dari sisi kekuatan olah grafis pun XSX, mampu menawarkan 12 TFLOPs, 52 CUs pada kecepatan 1.825GHz, sementara PS5 terbatas pada 10.28 TFLOPs, 36 CUs pada frekuensi 2.23GHz. 

Dan ketika bicara memory bandwith pun, PS5 juga tidak lebih baik dari sang pesaing, demikian pula dari sisi internal storage-nya. Dengan demikian, secara garis besar, apa yang ditawarkan Sony dari PS5-nya, tidaklah lebih baik dari apa yang dimiliki XSX, yang sudah terlebih dahulu diumbar ke publik beberapa waktu lalu.

Melihat kenyataan yang ada, apakah hal ini akan menjadi anti klimaks bagi PlayStation 5, yang kemungkinan akan lebih mengandalkan game-game eksklusifnya, dalam era baru console war yang kembali mempertemukan dua rival abadi itu? Hanya waktu yang akan menjawabnya!(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here