17, October, 2021

MTF Bukukan Laba Bersih Rp 445, 4 Miliar

JAKARTA – Sepanjang tahun 2019, perusahaan pembiayaan Mandiri Tunas Finance (MTF) sukses menyalurkan pembiayaan baru sebesar Rp 28,8 triliun atau naik 6,63 persen dibandingkan pembiayaan baru tahun 2018 sebesar Rp26,9 triliun.

Selain itu MTF juga berhasil mencatatkan perolehan pendapatan sebesar Rp 3,44 triliun, naik 10,3 persen dibandingkan pendapatan tahun 2018 sebesar Rp 3,12 triliun. Dilihat dari segmennya, pendapatan tersebut terdiri atas 80,01 persen segmen retail dan 19,9 persen segmen fleet.

Sedangkan secara geografis, kenaikan pendapatan tersebut terutama ditunjang oleh kenaikan pendapatan sebesar 28,78 persen di wilayah Kalimantan dan 15,82 persen Sumatera (Nangroe Aceh Darussalam, Riau, dan Sumatera Utara).

Perusahaan juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp445,4 miliar atau naik 10,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Sementara aset tumbuh 4,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018, yakni mencapai Rp18,3 triliun per 31 Desember 2019 dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp17,5 triliun.

”Kendati gencar mendorong pertumbuhan bisnis, kami tetap berhasil menjaga kualitas kredit, yang tercermin dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) mencapai 0,75 persen, yang mengalami perbaikan dari posisi NPL tahun lalu sebesar 0,83 persen,” kata Direktur Utama MTF Arya Suprihadi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/3).

“Dari sisi non keuangan, kami telah melaksanakan berbagai pencapaian, sesuai rencana perusahaan yakni focus pada business excellence, operational excellence, dan service excellence,” tambahnya.

Di tahun 2019, MTF melaksanakan peningkatan kualitas layanan pelanggan dengan membuka Customer Experience Lounge dan peluncuran chatbot Marsha.

Marsha merupakan layanan digital chatbot yang berarti MTF Assistant Virtual Sahabat Anda. Dengan adanya Marsha, diharapkan konsumen akan dapat semakin mudah berinteraksi dan mendapatkan layanan pembiayaan dari MTF.

Selain itu, MTF juga gencar melakukan sosialisasi produk melalui partisipasi dalam event pameran otomotif seperti pameran yang rutin diadakan MTF di berbagai kota di tanah air yakni MTF Autofiesta.

Untuk mendapatkan layanan pembiayaan bagi customer, MTF menyediakan berbagai channel, antara lain 102 cabang di seluruh Indonesia, Customer Care 1500059, email customer.service @mtf.co.id, account social media (antara lain Instagram, Facebook, Twitter), serta website www.mtf.co.id. Selain itu tersedia pula aplikasi MTF Go yang mempermudah konsumen mendapatkan berbagai informasi seputar layanan MTF.

Menurut Arya, perusahaannya menyediakan berbagai fasilitas untuk mempermudah customer dalam mendapatkan pembiayaan yang diperlukan, di antaranya adalah produk Cash Aja, yakni produk multiguna yang membantu konsumen memiliki dana tunai untuk berbagai kebutuhan seperti renovasi rumah, pernikahan, ibadah Umrah, travelling, pendidikan, kesehatan dengan menjaminkan kendaraannya di MTF.

Di tahun 2020, Cash Aja diperkaya dengan fitur Top Up Express yang memungkinkan customer mendapatkan pembiayaan secara cepat.

Di momen ulang tahun ke-11 ini, MTF meluncurkan 2 program pemasaran dari Produk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), yaitu KKB Flex dan KKB Elite. KKB Flex memberikan kemudahan dengan uang muka hanya 11 persen, sedangkan KKB Elite menyediakan bunga 3,5 persen. Selama bulan Maret hingga Mei 2020, MTF menyediakan free asuransi banjir 1 tahun dengan tanggung jawab hukum (TJH) Rp 10 juta.(wsa/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer