Tempat Wisata Ranu Manduro Dinilai Bak Surga, Benarkah?

Tempat wisata Ranu Manduro dengan latar Gunung Penanggungan (Twitter/@hafidzbashory_)

JAKARTA – Baru-baru ini, sebuah foto dan video yang memperlihatkan pemandangan yang sangat indah sedang viral di media sosial.

Adalah Ranu Manduro, sebuah tempat wisata yang mendadak viral karena keindahannya dan gambar tersebut diabadikan langsung oleh seorang pengguna media sosial bernama Hafidz Bashory.

Dalam akun Twitter-nya, Hafidz mengunggah potret dirinya yang sedang berdiri di tengah pemandangan Ranu Manduro yang indah.

“Bersyukur punya alam yang indah. Jaga lingkungan, jgn buang sampah sembarangan. Semoga berkah buat masyarakat sekitar. Mojokerto indah,” tulis akun @hafidzbashory_.

Tempat wisata yang terletak di Mojokerto ini berlokasi di Desa Manduro, Manduro Manggung Gajah, Kec. Ngoro, Jawa Timur. Ini juga yang jadi alasan mengapa ada kata Manduro di dalam nama Ranu Manduro.

Kawasan Ranu Manduro dulunya hanya sekadar perbukitan yang dikeruk untuk mengatasi lumpur Lapindo yang meluap pada 2006 silam. Saat bencana lumpur Lapindo terjadi, banyak truk yang datang ke tempat ini untuk mengeruk pasir. Hasil kerukan itu kemudian menjadi sebuah lubang besar yang membentuk telaga ketika musim hujan tiba.

Ada juga akun Twitter @Blaklaiv yang mengunggah sebuah video pemandangan menakjubkan yang memperlihatkan sejumlah motor sedang melintas di sebuah jalanan kecil dengan suguhan pemandangan berupa rumput dan perbukitan hijau, bebatuan, langit biru, dan lanskap pegunungan yang sangat eksotis.

“Kaget juga ada view kayak gini di Mojokerto. Ampun dah. Btw, bukan aku yg ngerekam. Dpt dr WA,” tulis akun Twitter @Blaklaiv. (dbs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here