Peserta CPNS Kab Serang Berguguran Sebelum CAT

SERANG – Tes seleksi computer assisted tes (CAT) 2020 di Kabupaten Serang sudah dimulai sejak kemarin (3/2) di Hotel Puri Kayana, Kota Serang. Sebelum mengikuti test, banyak peserta yang berguguran. Mulai dari tidak hadir di tes CAT, hingga tidak membawa tanda pengenal.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mujiyati Erianis mengatakan, tes CAT dilakukan selama 10 hari. Mulai dari 3 Februari hingga 12 Februari 2020. Setiap harinya, peserta dibagi lima sesi terkecuali Jumat dan hari terakhir yang hanya empat sesi. “Setiap hari ada lima sesi, setiap sesinya itu diikuti 278 orang,” katanya.

Pada sesi pertama, kata Eris, ada lima peserta yang tidak datang. Peserta yang tidak datang secara otomatis dipastikan gugur dalam tahap seleksi. “Kita enggak tau alasannya apa, yang pasti mereka tidak menghadiri seleksi CAT ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, ketika melakukan registrasi, setiap peserta diwajibkan membawa tanda pengenal. Baik itu KTP, kartu keluarga, atau surat keterangan (Suket) pengganti KTP. “Ini saya himbau mereka untuk membawa tanda pengenal, kalau tidak membawa tanda pengenal tidak bisa,” terangnya.

Pada sesi pertama, kata dia, ada dua peserta yang tidak bisa melakukan registrasi karena tidak membawa tanda pengenal. Dua peserta itu hanya membawa fotocopy KTP dan scanan KTP. “Itu tidak bisa, karena kita mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, khwatir ada joki dan lain sebagainya,” ucapnya.

Pada proses seleksi, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri juga datang meninjau ke lokasi CAT. Entus mengatakan, pihaknya berharap penyelenggaraan CAT CPNS tahun ini dapat berjalan lancar seperti tahun sebelumnya. “Pada penyelenggaraan CAT tahun sebelumnya kita mendapatkan penghargaan terbaik dari BKN,” katanya.

Ia juga memastikan di hari pertama penyelenggaraan CAT CPNS tidak ada gangguan server. Karena, sambungan server sudah diselesaikan satu hari sebelumnya. “Jadi dari vendor juga satu hari lebih cepat dari tahun sebelumnya, server sudah siap,” pungkasnya. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here