Piala Gubernur Jatim 2020: Persija ke Final!

MALANG – Persija Jakarta selangkah lagi menuju juara Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020. Kepastian itu didapat setelah tim berjuluk Macan Kemayoran itu memastikan diri lolos ke babak final usai mengalahkan Madura United dengan skor 2-1 pada babak semifinal di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (17/2) kemarin malam.

Dua gol kemenangan tim kebanggaan masyarakat Ibukota khususnya para The Jakmania itu dicetak oleh Marco Simic dan Novri Setiawan. Sedangkan gol tunggal Madura United diciptakan oleh mantan pemain Persija, Jaimerson Xavier.

Persija langsung menggebrak sejak babak pertama dimulai. Melalui pergerakan Riko Simanjuntak dari sisi kanan lapangan, Persija langsung mengancam gawang Madura United yang dikawal M Ridho Djazulie. Sayang tembakan, pemain mungil itu masih mampu diblok oleh M Ridho. Namun, bola pantulan sukses disambar oleh Marko Simic yang langsung melesakkan tembakkan dengan kaki kirinya membuat Persija unggul 1-0 di menit ke-3.

Tertinggal satu gol membuat Madura United semakin gencar melancarkan serangan ke jantung pertahanan Persija. Mereka coba mengancam gawang Persija lewat Haris Tuharea. Namun, sundulannya masih menyamping di sisi gawang Persija. Persija juga tidak tinggal diam.

Mereka juga mencoba menggandakan keunggulan dengan terus melancarakan serangan. Peluang datang dari eksekusi tendangan bebas yang dilakukan oleh Simic. Namun, sepakan pemain asal Kroasia itu masih membentur mistar gawang.

Upaya terus dilakukan oleh Madura united untuk menyamakan kedudukan. Sayang beberapa peluangnya terus di patahkan oleh barisan pertahan Persija yang di komandoi oleh Otavio Dutra. Hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Persija tetap bertahan.

BACA JUGA: Persija Jakarta vs PSS Sleman: Gempur Lawan

Memasuki babak kedua, Madura United langsung tampil lebih agresif. Memperagakan permainan menyerang, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu terus mencoba untuk bisa menyamakan kedudukan. Alih-alih melancarkan serangan lebih dulu, gawang Madura United justru kembali kebobolan pada menit ke-57. Kali ini Novri Setiawan yang sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan silang matang pemain anyar Persija, Marco Motta, novri yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dengan mudah meneruskan si kulit bundar dengan kaki kanannya untuk memaksa M Ridho kembali memungut bola di dalam gawangnya sendiri. Meski tertinggal dua gol, Madura United nampak tak menyerah.

Mereka terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Persija demi memperkecil kedudukan. Hingga akhirnya Madura United mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 di menit ke-72 lewat tendangan bebas Greg Nwokolo. Dari sisi kiri, tendangan bebas Greg seakan menyentuh Alberto Goncalves terlebih dahulu sehingga mampu memperdaya Shahar Ginanjar.

Tiga menit berselang, Beto mampu menyamakan kedudukan untuk Madura United menjadi 2-2. Namun sayang, gol itu terpaksa di anulir wasit lantaran mantan Beto sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Disisa laga, Madura United terus melancarkan serangan ke pertahanan Persija demi menyamakan kedudukan sebelum laga berakhir. Namun, peluang yang didapat anak ashu Rahmad Darmawan di waktu tersisa itu tak ada satu-pun yang membuahkan hasil. Hingga akhirnya laga harus berkahir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persija.

Dengan hasil ini, Persija memastikan diri lolos ke babak final Piala Gubernur Jatim 2020. Di babak final yang rencananya berlangsung pada 20 Februari 2020, mendatang Persija akan menghadapi pemenang antara Persebaya Surabaya menghadapi Arema FC yang baru akan bertanding pada, Selasa (18/02) malam ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here