Disapu Angin Puting Beliung, 10 Warung Porak Poranda

Ilustrasi. (Foto IST)

WONOSOBO – Diterjang angin puting beliung, 10 warung di Gerbang Mandala kompleks Terminal Mendolo Wonosobo porak poranda. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

“Iya , sekitar 10 ruko di kompleks Gerbang Madala Wonosobo atapnya rusak diterjang angin puting beliung. Bahkan tratak yang di depan ruko terangkat dan terbang. Kejadian pukul 11.45 WIBjelang waktu salat jumat,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo Zulfa Ahsan Alim Kurniawan kemarin.

Menurutnya, setidaknya ada empat titik di beberapa kecamatan yang diterjang angin puitng beliung. Di antaranya di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Kecamatan Wonosobo, Kecamatan Sapuran, dan Kecamatan Kertek.

“Saat ini masih dilakukan assesement dan pendataan di lokasi yang diterjang angin puting beliung,” katanya.

Sementara itu, Pemilik Warung Saoto Golak Di Gerbang Mendolo, Halimah mengemukakan, warung miliknya beserta warung yang lain di tempat itu diterjang angin puting beliung sekitar pukul 11.45 WIB. Angin disertai hujan deras itu bahkkan mampu mengangkat tratak hingga terbang dan tersangkut ditiang listrik.

“Angin yang menerjang cukup kencang, tidak seperti biasanya. Bahkan mampu mengangkat tratak yang terpasang di depan warung kami,” katanya.

BACA JUGA: Guru Honorer Baru Tak Dapat Dana BOS

Terpisah Dandim 0707 Letkol Wiwid Wahyu Hidayatmengaku mendapat laporan dari babinsa di sejumlah desa di Kecamatan Wonosobo terkait kejadian angin puting beliung. Pihaknya telah memerintahkan kepada Danramiil yang wilayahnya terkena bencana agar mengerahkan seluruh pasukan membantu warga.

“Saya sudah menerima laporan adanya angin puting beliung di beberapa kecamatan,yang mengakibatkan kerusakan rumah dantertutupnya akses jalan,” katanya.

Beberapa laporan kerusakan yang masuk ke kodim diantaranya dari KecamatanSukoharjo, banyak pohon tumbang hingga menutup jalan dan beberapa rumah warga rusak. Kemudiandi DesaTempuran Duwur KecamatanSapuranBencana angin puting beliung yang mengakibatkan 10 rumah rusak.

“Di Tempuran Duwur Sapuran ini 10 rumah rusak, satu diantaranya rusak berat. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa,” ucapnya.

Sedangkan di wilayah kota, angin puting beliung menyapu sejumlah warung yang ada di kompleks Terminal Mendolo. Terkait dengan kejadian itu, Dandim mengaku sudah menerjunkan tim bergabung dengan jajaran Polri, relawan dan juga BPBD membantu warga yang tertimpa musibah tersebut. (gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here