Waspadai Penculikan di Taksi Online

Beranda Hukum dan Kriminal Waspadai Penculikan di Taksi Online

JAKARTA – Seorang sopir taksi online diamankan aparat Polda Metro Jaya. Dia ditangkap karena diduga melakukan percobaan penculikan terhadap seorang wanita.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Suyudi Ario Seto mengatakan seseorang yang diamankan berinisial MIS. Dia diduga melakukan percobaan penculikan atas seorang karyawati berusia 25 tahun berinisial T.

“Sudah (kami) tangkap,” ujarnya di Jakarta, Selasa (11/2).

Sayangnya Suyudi tak membeberkan kronologi dan lokasi penangkapan. Namun, dia mengatakan saat ini MIS masih dalam pemeriksaan.

“(Masih) Dalam pengembangan,” kata dia lagi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan dalam pemeriksaan awal, MIS mengaku salah menekan tujuan di aplikasinya.

“Keterangan awal si sopir ini memang ada salah, dia menekan langsung ke BSD (Bumi Serpong Damai) sehingga yang tadinya tujuannya mau ke Gunawarman langsung arahnya ke sana (BSD) di ininya (aplikasinya),” katanya.

Dikatakan Yusri, salah satu yang menjadi materi klarifikasi adalah dua tujuan yang dipesan sesuai dengan aplikasi. Saat itu ada dua tujuan untuk satu kali pemesanan.

“Awal pada saat pelapor ini memesan taksi online ini itu ada di dua tempat sekaligus pada saat itu,” ujarnya.

Yusri menegaskan pihaknya tetap akan mengutamakan asas praduga tak bersalah dalam pemeriksaan MIS.

“Ini sekarang masih kita dalami terus ya, jadi asas praduga tak bersalah dulu,” katanya.

Yusri juga menyebut belum akan melakukan gelar perkara. Sebab, gelar perkara hanya akan dilakukan apabila memenuhi unsur-unsur pidana.

“Ini kan kita harus memenuhi unsur-unsurnya, nanti baru kita gelarkan,” sambungnya.

Kini, MIS masih diperiksa intensif. Apakah ada unsur pidana dalam perkara tersebut.

“Ini kan masih dipelajari, unsur pidana apa yang disangkakan,” sambungnya.

Kasus dugaan penculikan ini berawal dari cerita T dalam akun Instagram @tiannnwu. Dalam ceritanya, T mengaku hampir diculik pengemudi taksi online berinisial MIS yang mengendarai mobil bernopol B-2601-BKV. Dia mengaku nyaris diculik saat akan bepergian ke kawasan Dharmawangsa dan ICE BSD Tangerang, Banten.

T berhasil lolos dari upaya penculikan karena menekan tombol darurat dalam aplikasi tersebut. Karena aksi penculikan diketahui, terduga penculik sekaligus pengemudi lalu menurunkan korban di pinggir jalan kawasan Tol Kebon Jeruk.

Beberapa saat kemudian, satgas Grab bergerak menuju lokasi untuk menjemput T. Cerita tersebut kemudian disebarkan melalui akun Twitter Rasya @mllerasya pada Sabtu (8/2), dan disebarkan lebih dari 850 pengguna hingga saat ini.(gw/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Perpres Terorisme Ambigu

JAKARTA – Peraturan Presiden tentang Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme yang telah diteken Presiden Joko Widodo menuai kritik. Aturan yang ingin melibatkan masyarakat dalam pelaporan...

DPR dan Pemerintah Tidak Siap

JAKARTA – Sikap pemerintah dan DPR yang tidak siap menjawab permohonan dalam sidang uji materiil UU Cipta Kerja di Mahkamah Konstitusi sangat disayangkan.Ketua Tim...

Pandji Bandingkan FPI dengan NU, Muannas: Kurang Ajar Anda!

JAKARTA- Politikus Partai PSI, Muannas Alaidid nampak geram dengan ucapan aktor dan komedian Pandji Pragiwaksono yang membandingkan Front Pembela Islam dengan Nahdatul Ulama (NU)...

Eks Kepala BIG dan Pejabat LAPAN Masuk Bui

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Priyadi Kardono sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan Citra Satelit...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News