Joaquin Phoenix, Sang Joker yang Raih Aktor Terbaik di Oscar 2020

Joaquin Phoenix saat menerima penghargaan sebagai aktor terbaik di Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 di Dolby Theater di Hollywood, California, Minggu (9/2) (instagram/joaquinphoenix_rocks)

CALIFORNIA – Berkat penampilannya yang apik dalam film Joker (2019), Joaquin Phoenix sukses menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik di Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020.

Namun, penghargaan yang diraih Phoenix itu bukan didapat dengan cara yang mudah dan harus menyingkirkan nominator lain yang boleh dibilang cukup berat. Ia berhasil mengalahkan pesaing lainnya seperti Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time…in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

“Begitu banyak orang di ruangan ini memberikan saya kesempatan kedua dan di situlah kita berada di titik terbaik,” ujar Phoenix saat menerima penghargaan.

Kemenangan tahun ini merupakan kemenangan perdana Phoenix setelah sebelumnya ia juga pernah menjadi nominator Oscar melalui film Walk the Line (2006) dan The Master (2013), namun dirinya gagal mendapatkan penghargaan di kedua filmnya tersebut.

Phoenix menutup pidatonya dengan mengutip lirik yang pernah ditulis oleh kakaknya, River Phoenix. “Selamatkan dengan cinta dan kedamaian akan menyusul,” tegasnya.

Film Joker sendiri mengisahkan tentang komedian yang memiliki gangguan psikis yang membuatnya terkadang sering tertawa di saat yang tidak tepat. Ia terobsesi dengan pembawa acara talkshow yang dimainkan oleh Robert De Niro. (dbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here