Virus Corona Kian Menggila

Pemerintah Cina memastikan 56 orang tewas setelah tertular virus corona baru yang menyerang Kota Wuhan dan sekitarnya. Kondisi ini pun memperburuk situasi, setelah 1.975 kasus pasien dipastikan tertular virus mematikan itu.

Merebaknya virus ini, menyebabkan Kota Tianjin di wilayah Cina timur menutup seluruh layanan akses bus antarprovinsi mulai untuk mengendalikan wabah virus corona. Seperti dikutip Surat kabar People’s Daily, dalam laporannya Minggu (26/1).

Meski demikian keputusan Komisi Transportasi Kota Tianjin, tidak menyebutkan kapan layanan-layanan bus tersebut akan dilanjutkan. Nah setelah Wuhan, Tianjin, kini kawasan Cina darat seperti Hong Kong juga telah menyatakan darurat virus dengan membatalkan berbagai perayaan serta melarang perjalanan ke Cina. Di Hong Kong, ada lima kasus orang mengidap virus tersebut.

Pemimpin kota, Carrie Lam, mengatakan penerbangan dan perjalanan kereta cepat antara Hong Kong dan Wuhan akan dihentikan. ”Sekolah-sekolah di Hong Kong, yang saat ini sedang diliburkan dalam rangka Tahun Baru Imlek, akan tetap ditutup sampai 17 Februari,” jelasnya, seperti dikutip AFP, Minggu (26/1) Presiden Xi Jinping dalam sidang politbiro bahwa Cina mengaku negaranya sedang menghadapi situasi berbahaya sementara badan-badan kesehatan di seluruh dunia bergelut mencegah wabah itu.

Virus itu diyakini muncul akhir tahun lalu di sebuah pasar ikan di pusat Kota Wuhan, dan berasal dari hewan-hewan yang dijual secara ilegal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here