Thailand Masters: Pulang Tanpa Gelar

Caption foto : RUNNER UP: Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, berpose dengan Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) pada podium kampiun Thailand Masters 2020 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Minggu (26/1). (PBSI)

BANGKOK – Ganda Campuran Indonesia Hafiz Faizal- Gloria Emanuelle Widjaja akhirnya finish menjadi runner up Thailand Masters 2020. Di babak final, pasangan terakhir Indonesia itu kalah dari wakil Inggris Marcus Ellis/Lauren Smith melalui rubber game, dengan skor 16-21, 21-13, 16-21.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Indoor Huamark, Bangkok itu, Hafiz/Gloria sudah menjadi bulan-bulanan wakil Inggris ini sejak gim pertama. Di awal gim pertama, Hafiz/Gloria hanya tertinggal dua poin tetapi smash keras Ellis/Smith dan kesalahan pasangan Indonesia makin menguntungkan tim lawan..

Ellis/Smith makin membawa selisih skor yang cukup jauh. Ganda asal Inggris menutup interval gim pertama dengan menjauhi skor lawan dengan 11-7. Bukannya membaik Hafiz/Gloria masih sulit keluar dari tekanan Ellis/Smith usai interval pertama.

Di akhir gim, Hafiz/Gloria sempat memperkecil skor hingga kedudukan 16-20. Namun, Ellis/Smith bisa mengamankan poin terakhir untuk menutup gim pertama 21-16.

Di gim kedua, Hafiz/Gloria bermain lebih keras dari lawan. Hafiz/Gloria bisa merebut tiga poin beruntun untuk menutup interval gim kedua dengan 11-8.Tak ingin kalah begitu saja, Hafiz/Gloria balik merebut game berikutnya dengan 21-13.

“Kalau dari saya rasanya tentu kurang puas dengan hasil seperti ini. karena sebelumnya kan pernah menang dari pasangan Inggris ini. Jadi ya diterima. Tapi tetap ada evaluasinya, kami belajar untuk lebih tahan dan kuat, karena mereka bermainnya cukup alot,” ungkap Gloria dilansir dari siaran resmi PBSI, kemarib.

Hafiz/Gloria dengan Ellis/Smith sebelumnya pernah berhadapan di Japan Open 2019. Saat itu mereka menang dengan skor 21-23, 21-13, 21-13.

Konsistensi Hafiz/Gloria mulai goyah di gim ketiga. Mereka khirnya tidak mampu membendung laju ganda unggulan keenam tersebut yang berhasil menutup gim ketiga 21-16. Kegagalan Hafiz/Gloria ini membuat Indonesia tanpa gelar di Thailand Masters 2020.

“Hasil kemarin ada faktor tegangnya, terutama saya. Saya merasa nggak langsung in, jadi apa-apa nyangkut, apa-apa ragu. Kami kehilangan banyak poin dari situ,” jelas Hafiz.

“Terutama saya, nggak bisa keluar dari tekanan saja. Kalau Gloria dia sudah melakukan tugasnya dengan baik,” lanjut Hafiz.

Lima gelar juara yang diperebutkan pada turnamen Thailand Masters 2020 tersebar rata ke lima negara termasuk Inggris.

Selain Inggris yang mendapatkan titel kampiun melalui pasangan ganda campuran Marcus Ellis/Lauren Smith, China, Hong Kong, Jepang, dan Malaysia juga sukses merengkuh gelar juara. Hanya Indonesia yang memiliki banyak pemain unggulan pulang tanpa gelar. (fin/tgr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here